Posted by: youseeindonesia | April 30, 2011

PEPES BANK RUPAWAN INDONESIA (EX. POSTINGAN JOBSEEKER)

sekedar share gan

kali ini penulis pake bahasa kaskus, biar lebih nyantai

ane mau berbagi pengalaman aja soal profesi baru ane yang baru-baru aje dijalanin, jobseeker (itu mah belum punya profesi😛 )

buat pelajaran aja si gan, ane juga baru di dunia (cari) kerja, hehe, namanye ane samarin ya gan, kalo ga tau search aja di gugel

temen-temen ane belum lulus ud banyak yang kerja, di PrizeWhateverKuper terutama, Kantor Akuntan Publik BIG for gitu gan

yang pertama ane coba share ni gan:

BANK RUPAWAN INDONESIA –

namanya PEPES gan. Ane pernah nyoba 2 x, satu di semarang, waktu itu ane belum lulus, sidang aja belum. alhasil ane ga lolos gan, ane pikir karena emang ane belum lulus jadi ya sabaaaaaaaaaaarrrr .. .. ..

yang kedua ane coba di surabaya, jobfair juga, prosesnya sama ni gan

1. dateng aja ke jobfair ga usah bawa apa-apa, cukup pas foto ma dobel tip buat nempelin

2. isi data di form, formnya tu dari loket pengambilan form, disitu ada kaya tulisan peraturan gt gan, salah satunya “kalo uda pernah ikut ga boleh ikut lagi”

3. setelah lengkap kita disuru ke bagian koreksi form (lupa namanya), nah disitu isian kita dicek, kalo ditanya uda pernah ikut jawab aja belum gan, cz temen ane jawab uda langsung ditahan formnya, yg jawab uda tapi ga lolos ditulis juga dioret2 gitu formnya tapi masi boleh maju buat walk in interview

4. antri buat walk in, na ini ni yang 2x mengganjal ane. tau kenapa gan? karena seleksi walk in interview versi bank yang satu ini beda, boro-boro disuru duduk, ga sampe 10 detik kita uda disuru keluar setelah interviewer melirik kita. Naaaaa… dari apa yang ane simpulkan dari forum di internet, dari temen-temen ane yang lolos ma yang ga.. hasilnya, ya.. bank ini ni ngambil yang ganteng doank… (cowok..), yg cewe juga yang cantik.. temennya temen ane dari teknik mesin (kerja di bank???) tapi ganteng plus putih.. kalo kenalan ane yang lain malah lebih serem, katanya ntar kalo pelatihan uda mau akhir-akhir yang berjilbab ditawarin buat lepas, kalo ga mau di cutttt… itu kata dia dari kakaknya yang kerja di bank ini ni..setau ane juga kakak kelas ane yang kerja di situ semua emang cakep-cakep, pinternya si pinter gan, yang satu aja bisa mpe wawancara direksi di pertamina gimana ga pinter tuh, cuma kan kalo ni bank yang pertama nentuin ya.. agan dan aganwati ni rupawan dan rupawati gaa… hehehehe…

disini ni, ip setinggi langit ga akan ngaruh gan, organisasi sebejibun apa juga ga ngaruh, tapi kalo agan ganteng… lolos dah seleksi awal…

eits.. tp gantengnya kata semua orang lo jangan kata agan sendiri..hahaha,

o y, kriteria ganteng nya bank ini tu putih dulu, badan lumayan, wajah oke.. kalo item kayanya ga masuk deh gan biarpun ganteng. Ane tambah yakin lagi setelah temen ane yang sekarang lagi kuliah di Profesi Akuntan ma S2 (dulu pernah ikut juga PEPES di ITB) punya temen dari BRI. temennya itu cerita kalo dia pernah tanya sama petugas yang bagian “interview muka itu”, ya memang mereka seleksi awal dari wajah dan fisik gan😦

Na.. kalo lolos ni.. baru kita adu ilmu ma yang sama2 ganteng gan.. psikotes+inggris.. tahap selanjutnya.. agan rasain sendiri aja ya, soalnya ane ga ngerasain, hehhehee..

yang kedua ane coba gan, BANK MANDRA; BANK NORMAN INDONESIA; JARUM PENTUL; SASTRA INTERNATIONAL. Ane lanjutin besok-besok ya gan, lagi sibuk-sibuknya jadwal ni, fgd astra, lanjut walk in interview mandiri, lanjut coop telkom, lanjut permatina tahap 1

********

Ternyata postingan ane soal Bank Rupawan Indonesia dibaca banyak orang gan, hahaha😀 . Jadi dengan berat hati ane ubah judul postingan ini gan. Beberapa temen ane yang percaya, bersama beberapa yang tidak percaya, dan beberapa yang emang pengen di situ nyobain nih sensasinya Bank Rupawan Indonesia di Jakarta… karena jadwal yang awalnya di Semarang ditunda sampai tanggal yang tidak bisa ditentukan, dan ternyata malah dibuka di Jakarta. Nah, ane coba ni ngumpulin secuil demi secuil informasi, cekibrot gan.. :

Yang di jakarta ni gan, pesertanya 5000an orang !!! segitu banyaknya ya, ckckck.. Kata temen ane, antrinya dari pos satpam mpe gedung lantai 2 dengan 1 baris 6-8 lajur (ane sebenernya ga ngerti maksudnya 1 baris 6-8 lajur, hehe, artiin sendiri ya gan😀 )

Sooo…. ?? ga ada walk in interview khas Bank Rupawan Indonesia gan.. awalnya sih ada, tapi kata temen ane ni gan, karena kuwalahan segitu banyaknya akhirnya cuman ngumpulin form aja, trus pengumuman beberapa hari kemudian. Setelah diumumkan beberapa temen ane lolos gan, yang PEPES UMUM sekitar 600an orang dan yang PEPES AUDITOR sekitar 195an orang. Yang lolos kemudian harus melewati 3 tahap yang dilakukan dalam 1 hari sekaligus: PSIKOTES – TES BAHASA INGGRIS – WAWANCARA PSIKOLOG. Ane nulis ini tepat waktu ane abis sms plus chattingan ma temen-temen ane yang abis seharian tes ni gan.

Di psikotes, temen ane dari manajemen bilang awalnya tes intelegensi, ngotak atik gambar. itung-itungan, analogi, (rata-rata pada bilang gampang banget kata temen ane gan); trus lanjut mendeskripsikan diri sendiri 20 nomer; menggambar pohon dan orang; tidak setuju-sangat setuju tentang kepribadian dalam bekerja; self assesment (kebanyakan tentang menggali kepribadian katanya). Psikotest ini jam 11 selesai, jam setengah 1 pengumuman, dan jam 1 langsung tes bahasa inggris.

Na di tes bahasa inggris, menurut kesaksian temen ane yang lain dari statistik katanya “toeflnya lumayan tapi lebih susah SEU Undip“ (agan agan udah tau SEU undip belum? sulit untuk diduga, haha😀 ni SEU undip yang les apa yang bukan ya,😛 wkwkwk). Trus dia juga bilang listeningnya ga kedengeran karena di belakang duduknya (tapi ya lolos tuh, hehe).

Masih menurut cerita temen ane yang statistik ini gan, di wawancara psikolog pertanyaannya tentang kepribadian, kelebihan, kekurangan, pencapain terbaik, kegagalan, kelebihan jurusan kita di perbankan, mau ditempatkan di bagian apa di Bank Rupawan Indonesia. Sementara itu, temen ane dari akuntansi yang juga mpe tahap ini juga bilang pertanyaan seputar diri sendiri, ditanya kegiatan pas kuliah apa aja, pengalaman paling mengesankan selama 2 tahun terakhir, tinggi badan, hobi dll.

Nah, setelah melewati 3 tahap yang melelahkan itu, pengumuman akan diberikan 2 minggu kemudian. Kata temen ane lanjutnya ke tahap wawancara pejabat Bank Rupawan Indonesia (mungkin maksudnya interview direksi kalo ga interview user). Ane si belum pernah interview direksi gan, ni ane cari-cari info dulu soal itu, kalo interview user udah pernah, agan bisa liat di postingan ane yang lain. Sekian dulu dari ane gan, ane update lagi kalo udah ada kabar maupun info terbaru, semoga bermanfaat gan, see you😀


Responses

  1. agan nano, ga bener ah kalo BRI dipilih yang cakep2 n cantik2 aja. Buktinya ane lolos lho, hehehe. Baru pertama kali ikut padahal. Psikotesnya juga ane lolos gan. Sayangnya, tes selanjutnya bentrok sama BNI, jadinya BRI ane lepas deh T.T

    Oh iya, waktu psikotes banyak juga yang cupu2 kok, yang model anak pesantren gitu, bejenggot n kurus2 cowoknya.

  2. Ane malah bingung sdh terlanjur nglepas pepes buat odepe Bank Norman, eh skrg malah H2C krn gak tahu lulus ato g odepe, Bismillah aja lah !

    • lhah knpa dilepas gan… wkwkwk
      dicoba lg aj gan.. g kliatan kok yg ud pnh ama yg blm kl d pepes ..🙂

  3. kmrn tu jadwalnya pd bentrok ma Bank norman dan bank cariah mandra jd terpaksa dgn berat hati ane pilih ohdepe bank norman gt tp Alhamdulillah kemarin sdh nyampe tes intrvw user, doain ane lolos ya Gan ?! he3x


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: