Posted by: youseeindonesia | May 14, 2011

RAJUT ASAMU DI ODP BANK NORMAN INDONESIA (BNI)

Agan dan aganwati sekalian, ENTAH LOLOS ATAU TIDAK, penulis ingin membagi sedikit pengetahuan selama perjalanan singkat proses rekruitmen Bank Norman Indonesia.

Singkat emang gan, dibanding yang lain, proses rekruitmen di bank ini relatif cepat.

1. PROSES ADMINISTRASI

Ini yang bikin ane salut gan, di jobfair unair yang bukanya jam 8.00 tepat, bank ini pun sudah siap dengan semua stafnya di booth yang mereka sewa secara besar-besaran. Maaf kalau ane mbanding-mbandingin, Bank Mandra dan Bank Rupawan Indonesia baru nata-nata boothnya jam 9.00 gan. Yang lebih aneh lagi, di hari terakhir bank rupawan Indonesia udah ngumumin di web siapa aja yang lolos tahap berikutnya jam 9.00 itu, padahal booth mereka baru buka gan.

Di Bank Norman Indonesia, agan cukup ngisi form ODP yang udah disediain, isinya data diri agan aja kok, jangan lupa bawa foto sama dobeltip ato lem ato staples, tapi biasanya disediain juga sih. Kalau agan semua udah selesai ngisi, form plus foto tadi tinggal dimasukkan aja ke kotaknya. Tinggal tunggu pengumuman aja, ini uniknya dari bank lain, pake fesbuk gan. Agan tinggal ngelike ato ga ngelike juga ga masalah, liat masih bisa, di situ ditulis waktu tempat dan apa aja yang harus dibawa oleh peserta yang lolos. Tapi inget, selanjutnya agan harus apal nomor agan, karena nama agan hanya akan ditulis di fesbuk untuk pengumuman pertama aja. Ini ane kasih link fesbuknya gan:

http://www.facebook.com/bni

Agan bisa liat note-notenya di situ, kemaren waktu ane liat pengumuman terakhir sempet ada kisruh gan, ada yang nyolot gitu lah, moga ga ada lagi lah gan, masak kita ga punya tata krama si, apa lagi ini situs resmi yang diliat orang seluruh Indonesia, malu ma orang tua kita gan. Agan yang mau liat kisruhnya, klik aja di sini

2. TES BAHASA INGGRIS

Tes ini saringan pertama, tapi ga banyak kok yang tersaring, karena emang relatif gampang gan. Bank ini pakenya TOEIC gan, pernah denger? Lebih mudah sih menurut ane dari TOEFL, cuman lebih banyak aja. Pengumuman lagi-lagi via fesbuk gan, bank ini cepet gan ga mpe satu hari, kadang malemnya udah pengumuman. Pengumuman itu harus agan cermati betul-betul, jangan sampai salah shift, telat dsb. Temen ane ada yang mau ganti shift buat tes psikotes, boleh si, tapi nomornya langsung dilingkari gan, akhirnya ga lolos.

3. PSIKOTES

Ini lumayan berat gan, buanyak banget dan LAMMAAAAA !!! waktu itu ane shift jam 12.30 baru selesai jam setengah 6. Capek gan, yakinlah sumpah. Agan tes awal ada LJK tipe V ma tipe P. itu dikerjain dengan waktu yang tidak diketahui. Ya kira-kira per subtesnya 10 menit lah gan, 1 subtes ada yang 20 nomor ada yang lebih tergantung soalnya. Waktunya nunggu aba-aba dari mbak-mbak dari EXPERD (pihak ketiga ni gan). Kalau waktu habis mbak tadi ngetok atau ngomong dan kita ga boleh nerusin subtes yang lagi kita kerjain tapi harus lanjut ke subtes berikutnya. Biasanya mbaknya nerangin dulu contoh soalnya, buat ane itu celah gan. Ane bisa ngisi yang masih kosong karena ga ada minus gan, jadi isi aja semua, kalo agan masih banyak yang kosong gambling aja C semua atau E semua gitu, pasti ada yang nyantol. Kalau bisa kerjakan yang gampang dulu gan, jangan lama-lama di satu soal, kasi alokasi waktu, 30 detik 1 soal  kalo ga bisa dipecahin juga pindah aja ke lain hati, eh lain soal, hehehe.

Berikutnya, waktu agan udah pusing tuh, udah ngira bakal disuruh pulang, ternyata panitia nyuruh pipis. Iya, soalnya abis ini ga boleh pipis. Agan harus nyiapin pulpen agan yang terbaik, paling nyaman di jempol, paling banyak tintanya, paling enak lah pokoknya buat agan. Kenapa? Karena abis ini pauli/kraeplin gan. Deret angka yang dicetak bolak balik segede Suara Merdeka itu harus agan itung dua-dua. Seinget ane experd mintanya dari atas ke bawah gitu gan. Di sini agan harus konsentrasi penuh, stabil dalam kecepatan, dan fokus. Nanti tiap mbak experd bilang “GARIS“, agan garis di angka terakhir yang agan hitung trus agan langsung lanjut, jangan nunggu aba-aba, ini emang balapan ngitung sih gan, tapi bukan sekedar cepet yang dibutuhin, tapi kestabilan masing-masing fase, ga usah banyak-banyak ga masalah gan, buktinya ane ceuma 1,5 halaman lolos kok, yang lain malah pada minta lembar baru gan, kira-kira mereka bisa 3 halaman lah. Tapi ga perlu melihat orang lain gan, fokus aja sama punya agan, normalnya 1,5 halaman lebih lah, ane soalnya bukan orang yang punya daya konsentrasi tinggi gan, hehehe…

Terakhir si tes kepribadian tapi ini ga diwaktuin, gampang, cuma milih yang sesuai sifat agan aja. Pengumuman waktu itu ane langsung malemnya pukul 23.00. tapi kalo shift pagi malah pengumuman jam 4 sore dan langsung FGD+INTERVIEW PSIKOLOG!!!

4. FGD + INTERVIEW PSIKOLOG

Na ini keberuntungan ane gan, temen ane udah FGD duluan jadi ane bisa tanya-tanya.. hehehe..

Sebelum dimulai, agan akan diminta ngisi form yang isinya pertanyaan-pertanyaan seputar diri agan, agak ruwet sih, tapi itu kunci buat interview psikolog gan. Pertanyaan pas interview akan seputar yang agan tulis kayak organisasi, masalah, kekuatan dan kelemahan agan, dsb. Trus apa yang membuat agan pengen ke bni, apa yang jadi harapan agan 5 tahun ke depan, kesulitan terberat apa yang pernah agan alami, apa kontribusi terbesar agan buat organisasi, pernah ga ngasih ide ke organisasi, apa kegiatan agan setelah lulus sampai sekarang, banyak deh gan pokoknya, walaupun lancar ane ga gitu bagus di sini karena emang pengalaman organisasi ane ga banyak. Ane saranin aja ni buat yang masih muda, perbanyak organisasi, karena agan akan punya banyak cerita untuk didongengkan dan interviewer akan senang.

Agan juga disuru nggambar orang di kertas HVS lengkap dengan nama yang agan suka untuk gambar itu, aktivitas dan usia. Gambar tu jangan terlalu besar sampai melebihi kertas juga jangan terlalu kecil gan. Gambar kalo bisa di tengah, anggota badan lengkap, aktivitas kuat, usia produktif, dan jenis kelamin usahakan sama kaya agan. Tapi itu pembawaan lho gan, ga bisa dipaksain, temen ane pengen gambar kecil, tetep aja jadinya kertasnya kurang, ada juga cewek nggambar cowok, macem-macem gan. Sebenernya ini ga akan mempengaruhi penilaian kok gan, cuma buat melihat sifat-sifat agan aja, so be yourself!

Kalau FGD ane masih inget kasusnya gan, ya bukan berarti akan sama terus tapi kasus ini udah dipake juga buat rekruitmen odp sebelum angkatan ane gan. Intinya kasusnya gini:

Ada sebuah cabang bank yang letaknya di sebuah kota. Karena ada subprime mortgage cabang ini jadi banyak masalah mulai dari larinya investor, sistem IT yang jadul, sampai pegawai yang tidak punya motivasi, mundur atau tidak melayani dengan ramah. Di lembar yang akan agan dapat, agan akan diberi tiga alternative solusi: 1) pengembangan SDM 2) pengembangan IT 3) cabang ditutup. Ceritanya agan-agan dalam fgd ini adalah tim dari pusat yang memutuskan langkah apa yang harus diambil untuk cabang ini. Agan punya waktu 8 menit untuk baca dan 20 menit untuk diskusi. Gunakan waktu untuk baca sebaik mungkin, ga perlu nyatet, ga perlu baca semua cukup dalami poin-poin penting dan juga data-data table yang ada, itu bisa jadi senjata agan dan aganwati sekalian. O ya, jangan minder denger nama besar universitas temen agan di fgd, mereka belum tentu hebat, kalau agan minder agan malah kalah duluan. Di fgd ane, dari 6 orang yang lolos cuma 2, satu ane, yang satu dari UNS gan, yang tersingkir? UNAIR, ITS, dan UNIBRA. Jadi kalo agan nanti ketemu anak UGM ato UI ato ITB ato UNPAD ato BINUS, JANGAN TAKUT !!! Satu lagi, ga mesti umur tua menjamin keberhasilan di fgd, jadi jangan takut sama yang namanya senioritas dan nama besar universitas.

Kronologi fgd ane gan:

1. pada baca semua gan, ane cuma baca masalah, opsi, sama tabel. Namanya ane samarin ya gan Ibu A, Bpk B, Bpk C (ane), Bpk D, Bpk E, Bpk F

2. waktu baca habis, mulai nih. Waktunya jadi leader !! wah ternyata urut, dan temen ane yang pertama ternyata leadershipnya bagus gan. Si Ibu A ini langsung menjelaskan masalah, mengutarakan pandangannya dan meminta pandangan awal dari semua. Trus satu-satu pada ngungkapin pendapat. Ibu A sendiri berpendapat pengembangan SDM lebih diperlukan. Bpk B juga punya pendapat sama. Giliran ane, ane bilang ane lebih pada pengembangan keduanya, intinya mengutamakan SDM tapi tidak melupakan IT karena dananya 100 berapa juta itu (ane lupa) cukup untuk mendevelop pegawai dan sisanya untuk mengembangkan IT. Nah Bpk D juga bagus ni, dia ngasih pujian dulu ma ane gan (ane besar kepala deh😛 ). dia punya pendapat hampir sama, SDM lebih utama, dia bilang kita perlu ahli IT untuk membenahi IT di cabang. Giliran Bpk E, wah yang ini malah ga setuju gan, dia pilih pengembangan IT karena hardwarenya udah bobrok di cabang ini, dia bilang buat apa dapat pelanggan banyak kalo ga bisa diproses cepet. Dia juga bilang ahli IT tidak bisa memecahkan masalah sistem dengan kondisi seperti ini. Nah yang Bpk F ni malah lebih mengagetkan lagi, dia maunya cabang itu dibubarin aja ! dia bilang cabang ini sudah tidak punya harapan lagi dan justru akan membebani perusahaan.

3. Ibu A mengambil alih gan, dia bilang ada perbedaan pendapat di antara kita, jadi kita harus satu kata dulu, dia bilang dia ga setuju dibubarin karena menyangkut image perusahaan di mata nasabah, trus dia bilang ada yang mau memberi masukan lagi? ane masuk dah, ane bilang ane ga setuju dengan pendapat Bpk F karena dari tabel yang menunjukkan posisi funding dan lending dari cabang itu di bulan terakhir ane katakan funding kita di bulan terakhir 12M sementara lending hanya 6M, artinya cabang ini masih memiliki potensi yang besar untuk memperoleh keuntungan karena oleh manjemen sebelumnya dana hanya mengendap di bank tanpa dilakukan proses financing, investing dsb. Jadi kita juga butuh analyst credit gan, yang bisa tau kemana aja dana potensial ini didaratkan agar keuntungan yang didapatkan maksimal, terutama ke sektor riil mengingat sektor finansial lagi ambruk karena subprime mortgage gan. Ane tambahin  pake kata-kata mutiara temen ane yang udah fgd, untuk membuat perusahaan maju tidak bisa dengan cara instan, harus butuh proses, dan dengan potensi yang ada ane bikin semua optimis perusahaan mampu going concern. Ane dramatisir pake kalimat kalo harapan itu masih dan akan selalu ada😀 . Bpk D dan Bpk E ngomong juga gan, intinya si ga setuju pembubaran. Kalau Bpk B ngomongin nasib karyawan nantinya gan. Akhirnya Bpk F setuju gan, komando kembali ke tangan Ibu A.

4. Ibu A mendirect lagi arah pembicaraan menyoal apa yang lebih utama dikembangkan, SDM atau IT. Semua pada ngasih pendapat gan, tapi ane ga gitu inget pendapatnya apa aja. Kalo ane bilang IT bagus tanpa SDM bagus akan percuma, aset utama perusahaan adalah manusia bukan mesin. Ane lalu merujuk ke data alokasi uang yang diberi dari pusat sama tabel dua company yang ngasih service pengembangan SDM, PT XYZ sama PT apa gitu ane lupa. Dua-duanya punya kelebihan masing-masing dari sisi harga dan materi pengembangan. Bpk D juga ngasih pendapat ni, dia punya ide jitu gan, IT dikembangkan dengan leasing ! dia bilang leasing akan memperbaiki kondisi IT perusahaan tanpa harus membayar mahal.

5. Ibu A lalu bilang dana kita tidak cukup untuk mendevelop semua karyawan, karena apa yang ditawarkan company penyedia pengembangan SDM adalah biaya per peserta per kepala gan, padahal cabang itu banyak yang kurang mulai dari frontliner sampe manajer. Semua ribut ni gan, ada yang bilang ambil pelatihan sebagian aja, ada yang mau ke perusahaan ini aja, ada yang perusahaan itu tapi frontlinernya aja, aada yang pengen outsourcing, dsb, banyak banget pendapat. Bpk E bilang kita perlu membuat cabang ini punya sense of belonging agar maju. Ane trus ngasih masukan gan, ane bilang kita pilih pegawai terbaik untuk kita biayai di PT apa gitu ane lupa, pokoknya lebih mahal tapi lebih komprehensif pelatihannya, di situ ane pilih karena ada pelatihan motivasi juga, ane bilang motivasi itu penting karena seseorang itu tidak hanya puas oleh uang semata tapi juga achievement yang bisa ia berikan untuk perusahaan. Ane lanjutin kalo nanti si pegawai yang kita utus itu ngasih pelatihan secara internal di cabang ini, jadi semua kebagian ilmunya gan.

6. Ibu A mengambil kendali lagi ni gan, kali ini ngomongin bagaimana mendapatkan satu pegawai yang lowong di posisi manajer pemasaran, dan frontliner yang juga udah tua, dan beberapa masalah lagi terkait posisi. semua ngasih pendapat kecuali ane gan. Intinya pada setuju posisi kosong itu dimintakan ke pusat, karena pusat punya orang-orang terbaik.

7. Terakhir Ibu A menutup rapat dengan kesimpulan yang sedari tadi dia tulis, lengkap semua, dan dia meminta persetujuan semua. Semua mengangguk setuju dan semua nulis kesimpulan di kertas, itu emang disuru si gan. begitu selesai ane jabat tangan ma semua anggota tim mulai dari ketuanya, biar keliatan rapat betulan gan, keliatan profe gitu. Ane keluar duluan dan mengangguk ma senyum ke Assessor yang waktu nginterview ane galak banget gan😛

Pesen ane gan, kalau udah sampe tahap ini, berdoa terus biar nanti rekan-rekan fgd agan adalah orang-orang yang toleran, bukan orang-orang yang egois dan ga dewasa, dan situasi yang kondusif contohnya dalam diskusi berebut ngomong sampe berdiri-berdiri atau ngacung-ngacungin jari, motong pembicaraan atau sok ngasi kesimpulan/menengahi padahal isi omongannya cuma dari pernyataan orang lain cuma diputer-puter kata-katanya. Itu semua akan dipandang tidak etis sama assessor. Assessor ini yang sebelumnya nginterview kita. Usahakan hargai pendapat rekan agan, misalnya bilang “pendapat saudara X sangat bagus…”, “saya setuju dengan pendapat saudara X”, “seperti yang telah diutarakan oleh saudara X”. Agan juga harus punya ide made in agan sendiri yang cemerlang. Setidaknya kalau agan tidak punya ide, agan harus punya sudut pandang yang jeli mengenai kasus di fgd.

Kalau agan emang ga punya ide, ga punya sudut pandang bagus, ane punya satu solusi. Agan harus jadi leader di situ, agan direct semua arah pembicaraan, agan jadikan alur yang enak untuk didengarkan, agan buat supaya semua punya kesempatan bicara, dan terakhir agan tutup dengan kesimpulan yang tepat. Ane jamin agan lolos. Inget gan, di tahap ini proses cut paling banyak terjadi. Itungannya tiap fgd minimal 6 orang, diambil max 2 orang, ada si yang sampe 3 orang tapi itu jarang banget, malah ada temen ane yang 1 fgd cuma diambil 1 orang.

5. INTERVIEW USERS + MEDICAL CHECK

Ini tahap terakhir gan. Biasanya ni bank ngasih jadwal yang berdekatan, jadi bukan berarti yang boleh ikut tes kesehatan itu lolos interview user atau yang ga lolos tes kesehatan bisa jadi karena interview user kurang baik. Intinya, kedua aspek ini dinilai gan.

Jadi nanti agan akan dipanggil ke BNI ASSESMENT CENTER di Jalan Mataram 59, kalo agan naik busway turun aja di halte masjid agung, agan jalan bentar, 10 menit lah, kira-kira sama jarak Polda ke Simpang Lima Semarang. Di situ agan akan di interview urut dari jam berapa jadwal agan. Jadwal itu disampein via telepon. Ada yang jam 8 pagi, jam 15.30, ane si 8.30 gan. Nah, sebelum dipanggil kita disuru ngisi form, isinya si data diri, sertifikasi, organisasi, data kartu keluarga, jadi selain agan bawa foto juga perlu bawa kartu keluarga, ane si bawa gan, ane ga apal tanggal lahir BoNyok, hehehe.. Di halaman terakhir agan akan disuru nuis 10 perusahaan yang agan inginkan untuk bekerja. ane tulis aja yang gede-gede gajinya gan, Pertamina, PLN, PGN, Antam, KPK, BPK Depkeu, Bank Indonesia, Astra International. Temen ane malah ga nyebutin BNI, dihajar deh seputar pertanyaan itu. Tapi ya ga papa si gan, temen ane emang niatnya kalo dipanggil medchek dia ga dateng, cuma iseng nyoba aja, ga suka perbankan dia. Pokoknya agan siap aja, karena agan taro BNI di nomor 1 maupun nomor terakhir ato ga nyantumin sama sekali pasti ada konsekuensi pertanyaanya😛

Setelah ngisi agan akan dipanggil satu-satu. Ada 5 ruang di situ, tiap satu orang ngadepin 2 interviuwer gan, Untuk interview user, menurut ane lebih gampang lah dari interview psikolog. Disini pada intinya yang dicari si interviewer dari agan adalah kesungguhan kita untuk bergabung ke ni bank. Biasanya interpiuer nanyain alasan kita milih perusahaan dia, ini harus agan persiapkan dari rumah, terserah agan aja si jawabannya. Selanjutnya si interpiuer tadi memberondong kita pake pertanyaan yang makin menusuk.

Bagaimana jika kamu diterima di peusahaan lain juga, mana yang akan kamu pilih?

Pertanyaannya ga selalu persis itu gan, Cuma intinya melihat kesungguhan kita aja, pengen kerja di situ serius ato ga.. Tapi ya jangan keliatan ngebet gan, ntar jadi lebay kaya jawaban ane dulu pas pertama kali dapet pertanyaan gitu. Mereka pasti ngejar terus

Yang penting jawaban tetap konsisten dan yakin gan. Jangan jadi penghamba juga tapi gan, usahakan sedikit jual mahal, atau terlihat netral. Jawaban ane si gini gan:

Menurut hemat saya Pak, kami adalah embrio-embrio yang bersaing dalam sebuah kompetisi untuk bisa diterima di perusahaan yang kami harapkan. Seperti saat ini, kami yang lulus terlebih dahulu dapat mencicipi aroma kompetisi lebih awal dari yang lain yang belum lulus. Dalam keyakinan saya, perusahaan pun mengalami hal yang sama. Mereka berkompetisi untuk mendapatkan bibit-bibit terbaik, siapa yang cepat ia dapat. Jadi saya akan sangat menghargai perusahaan yang memproses aplikasi yang saya ajukan dengan cepat melalui serangkaian ujian yang telah saya lewati. Dan sejauh ini, BNI masih menjadi yang tercepat dalam mengakomodir minat saya untuk menjadi bagian dari keluarga besar BNI. Jadi saya yakin, jika saya lolos dalam tahap seleksi kali ini, saya akan memilih BNI, karena BNI tidak hanya merupakan salah satu perusahaan yang saya harapkan tetapi juga karena kecepatan tanggapan dan proses dari BNI menimbulkan respek tersendiri dalam benak saya

Lho kan kerja di sana gajinya lebih besar, masak milih di sini?

Apa sih yang membuat kamu ngebet kerja di sini?

Apa sih yang kamu harapkan kamu dapat dengan bekerja di sini?

Bagaimana jika yang kamu harapkan dari perusahaan ini tidak kamu dapatkan nantinya? Dll.

Pasti balik lagi ke pertanyaan awal. Ane si dulu jawab

Saya seorang pencari kerja Pak, tapi tidak sembarang perusahaan yang akan saya lamar. Saya telah memilih perusahaan berdasar beberapa kriteria. Salah satunya adalah budaya perusahaan (budaya perusahaan ga akan berubah ato rusak ato gimana-gimana karena itu ngebentuk image perusahaan, jadi si interpiuer ga akan nanya macem-macem gan). Saya melihat PRISNSIP 46 sangat cocok dengan apa yang menjadi keyakinan saya. Profesionalitas, integritas dan pembelajaran yang berkelanjutan (contoh budaya BNI) adalah apa yang juga saya yakini sebagai bentuk terbaik dalam mencapai puncak karir.

Selanjutnya, agan bakal dikasi kasus, kaya gratifikasi, korupsi, agency conflict dll. Misalnya gini ni:

Kamu bekerja di sini, kemudian atasan kamu meminta untuk melakukan tugas yang tidak sesuai dengan hati nurani kamu, apa yang kamu lakukan?

Kamu bekerja dengan sangat baik, pelanggan sangat puas, tetapi kemudian pelanggan memberi kamu suatu hadiah, apakah kamu akan menerimanya?

Bagaimana sikap kamu trhdp tindakan korupsi? saya anti korupsi pak !! Kamu pernah pacaran??? Pernah Pak !! Pernah ciuman??? Pernah Pak … (???) Lebih dari itu? Ya enggak Pak😦  Nah sekarang kamu korupsi kamu bilang anti, tapi pacaran dengn ciuman yang notabene juga dosa kok kamu berani melakukan???Bagaimana pertanggung jawaban kamu?? Mending bilang ga pernah, wkwkwk😀

Kalo atasan kamu minta kamu meloloskan kredit salah satu nasabah, padahal sebenernya nasabah itu tidak memenuhi syarat, kamu loloskan tidak?

Apa yang dimaksud customer centric?

Apa yang kamu lakukan jika seorang pelanggan tidak puas?

Sisi mental agan akan dilihat pula. Jawaban tidak harus tepat gan, yang penting argument dan konsistensi agan aja. Temen ane ada yang jawab gini gan:

Ya kalau hanya 1 pelanggan kita tidak perlu melakukan apa-apa, tetapi jika semua pelanggan yang tidak puas maka kita perlu melakukan evaluasi dan perubahan.

Ni jawaban dikasi pujian ma interviewer di ruang 5 gan. Kalau ane si jawab:

Seperti apa yang menjadi budaya BNI, pembelajaran yang berkelanjutan tentu akan berakar dari orientasi pelanggan. Dengan menampung setiap harapan pelanggan, dalam hal ini termasuk setiap keluhan di dalamnya, kita akan belajar menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan, menciptakan produk dan menciptakan customer value. Kritik dan masukan dari nasabah justru akan memberi kekuatan untuk menjadi lebih baik dari bank lain. Dalam jangka panjang, saya yakin proses ini akan menciptakan customer loyality yang tentu sangat penting dalam perkembangan industri perbankan dewasa ini Pak.

Tipsnya si, rajin baca annual report atau paling ga webnya gan. Agan inget-inget berapa laba terakhir, jumlah aset terakhir, pemegang saham utama, produk & layanan, trus berita terakhir yang berkaitan dengan ni bank. temen ane banyak yang ditanyain itu, tapi ane cuma disuru kasih contoh, customer centric, ane kasih deh contoh call center ni bank, kebetulan ane baca fesbuknya gan, dan itu berita lagi anget-angetnya.

Kalau udah selesai di interview agan dan aganwati sekalian nanti akan disuru ke sebuah ruang untuk dapet penjelasan mengenai remunerasi. Ane bocorin dikit deh gan. Jadi gan, kalo agan dan aganwati sekalian lolos ODP, selama 9 bulan pelatihan agan dapet 85% gaji, itu sekitar 4.578.000. trus waktu on job training (OJT) itu 90%gaji atau sekitar 4,8 juta. Ntar kalau udah diangkat jadi pegawai tetap dapet 100% gan. Untuk tunjangan THR sekitar 1,5-2x gaji, tunjangan makan 23.500 per hari, trus masih ada dplk dan fasilitas-fasilitas lain kayak tunjangan berobat, rawat inap kelas IIA dan lain-lain. Total setahun sekitar 15x gaji gan. Agan juga akan dapet gambaran jenjang karir di situ, masa ikatan dinas, masa diangkat, denda kalau keluar dsb. Terakhir agan akan dikasih tau kapan pengumuman untuk tes kesehatan dilakukan, biasanya si berselang 2-3 hari gan.

Waktu ane kemarin si gan, diumumin siapa aja yang boleh ikut tes kesehatan. Di fesbuk dari 70 yang dipanggil buat interview user 61 orang boleh ikut tes kesehatan. Ini yang bikin ane ketar-ketir gan. Kata BNI pengumuman jam 5 sore hari kamis, tes hari jumat. Ane udah pulang ke semarang gan, ane tunggu jam 5 ga keluar-keluar, jam 6 juga ga keluar. Ane tambah bingung, bisa ketinggalan kereta ane gan. Jam 7, ane niatin refresh untuk terakhir kalinya, kalau ga ada ane nekad aja ke jakarta. Pas banget keluar tu pengumuman, ane langsung ngacir ke tawang, keretanya jam 8 gan!! Hahaha,..

Agan harus puasa 10jam sebelum tes kesehatan, biasanya di Prodia gan. Ditentuin Prodia mana, biasanya di Jalan Gunawarman 77 gan, deket mabes Polri. Itu kalau di jakarta, di surabaya juga direkomen satu tempat gan. Yang di gunawarman kalo agan pake busway ya lumayan jauh, paling deket si masih shelter masjid agung gan, tapi harus sambung taxi kira-kira 9-10 ribu lah. O ya jalan gunawarman itu jalan searah gan, Prodia tu deket perempatan gan, di kanan jalan. Ane dulu jam 6 pagi karena emang diminta jam6-10 gan. Ga dipungut biaya gan, nanti bni yang bayarin. Yang penting bawa ktp asli ma fotokopinya plus foto warna 4×6.

Tes pertama darah gan, agan disedot darahnya sebotol kecil dari siku dalam. Wah ane langsung pegel gan.

Yang kedua urine gan. Jadi walaupun agan puasa, usahakan minum air putih terus gan, biar bisa pipis, temen ane puasa beneran tu gan, akhirnya pipisnya susah, repot juga. Yang susah si naruhnya di gelas ukur yang disediain gan, kecil, dua lagi. O iya gan, pipisnya diliatin, hahaa.. belum pernah kaaan… seumur idup ane baru ini pipis diliatin, kecuali waktu ane kecil. Tapi tenang gan, cowok diliatin cowok, cewek diliatin cewek, diawasin maksud ane gan.

Lanjut ke tes EKG (kalau ga salah gan), itu buat jantung gan. Agan disuru telanjang dada, nanti dikasih kaya krim gitu dijepitin di dada, perut, ketiak, kaki, banyak lah, lupa ane gan, ane geli soalnya. Trus diliat denyut agan stabil atau ga dsb. Ni yang ngetes cewek gan.

Selanjutnya rontgen gan. Kalau ini yang ngetes cowok. Buat yang cewek disaranin ganti baju lab, mereka punya gan, karena untuk pemeriksaan ini si Badan Hukum harus dilepas gan, takut banyak logamnya, jadi bukan berarti agan buka-bukaan di depan perontgen, tapi masih pake. Dagu nempel di tempat dagu, dada nempel di kotak hitam yang ane ga tau namanye, berdiri membelakangi kamera, lho?? Sinar rontgen maksud ane gan, trus tangan berdecak pinggang sikunya didempetin ma kotak hitam tadi. Yang ini cepet banget kok gan.

Selanjutnya tes fisik di lantai 2. Tes fisik bukan disuru lari atau gimana lho gan, Cuma diukur tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, tensi, kekuatan pandang mata, tes buta warna, trus apa lagi ya, kayaknya cuma itu gan. Trus disuru ngisi form, isinya penyakit yang pernah dialami, alergi terhadap apa, orang tua sakit apa, pernah opname ga, dsb.

Terakhir tes dokter gan. Waktu ane si dokter cowok untuk cowok, cewek untuk cewek, ga tau kalo rekruitmen selanjutnya gan. Dokter nyuru berbaring, distetoskop, trus suru buka celana gan, waduh ?? katanya untuk ngetes apa ya ane lupa. Tu dokter nanya gan,

“Bisa tegang nggak mas?”

Ya kalau dokternya cewek ane tegang gan, masak ane tegang ma cowok, gimane sih ni dokter. Ternyata maksudnya suruh ngeden gan. Terus dipencet-pencet ma tu dokter. Trus disuru miring, mau diliat ambeien atau ga, ane pikir Cuma diliat doank, ternyata dimasukin alat, waduh geli gan, ane njerit dah, hahaha.. abis itu suru duduk, rentangkan tangan ke depan, mungkin diliat pernah jatuh atau ga ane ga gitu ngerti, diperiksa mulutnya, lidah ma gigi, telinga trus leher. Terakhir dengkul agan diketok pake palu. Udah gitu doank gan, trus suru duduk ditanya-tanya, selesai. Kalau untuk cewek mungkin ada periksa payudara juga buat ngeliat ada benjolan ga, kalau periksa kemaluan ma anus juga ada kaya cowok gan, trus periksa apa lagi ya, ane ga enak tanya-tanya ma yang cewek gan, hehehe..

Segitu gan pengalaman singkat ane di rekruitmen ODP BANK NORMAN INDONESIA. Ane akan upgrade dan update terus tulisan ini kalau ane inget sesuatu yang lupa ane tulis atau kalau ada tambahan pengalaman dari temen-temen ane. O y, ini ane kasih link buat pertimbangan bekerja di sana, yah hal positif dan negatif selalu harus dipertimbangkan sebab setiap keputusan adalah tanggung jawab kita yang menjalaninya nanti.

http://priandoyo.wordpress.com/2008/07/01/ikatan-dinas-7-tahun-di-bank-bni/

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3468039

Moga berguna ya gan, mohon maaf kalau ada salah kata, kurang sopan atau apa, ane juga sengaja nyamarin nama banknya untuk satu dan lain hal. Selamat berjuang gan. Jangan lupa berdoa. Doa itu anugrah Tuhan gan. Dengan doa agan akan tambah kuat karena dikasih lebih sama Tuhan. Dari awal ampe akhir ane tenang banget gan, ga tau kenapa, padahal ane masih ragu karena suatu alasan. Ketenangan itu kuncinya gan, nikmati aja semua proses. Ane modal iseng ikut gan, tapi ya lolos sampe sekarang. Kalau agan berminat cari info aja gan soal rekruitmen selanjutnya, buat yang ga berminat jadikan ini gambaran aja karena proses rekruitmen antar industri hampir-hampir mirip kok gan.

Sekian dari ane gan, kalau ada saran, masukan, pertanyaan, ane terbuka gan. Good luck ya gan!

Dimanapun kita bekerja, bukan gaji yang utama, tapi kontribusi kita, untuk kemajuan negara😀

*** *** ***

Hai agan dan aganwati sekalian, lama ga update, hari ini update terakhir ane untuk postingan ini. Ane ga lolos tes kesehatan gan. Agan mungkin heran, tapi ane ga bisa ngasi penjelasan pasti. Pihak Bank Norman juga tidak bisa memberikan alasan atau hasil tes kesehatan itu. Mungkin memang bukan jodoh gan, dan ini juga melegakan ane kok gan, karena ane emang sedikit kurang sreg oleh suatu hal yang tidak bisa ane sebutkan. Mungkin kalo agan pengen tau dugaan ane si ada 3:

1. ane punya mata minus yang tinggi plus silindris

walaupun gitu, alasan di atas agak bertentangan ma fakta kalo ada juga yang minus tinggi lolos

2. ane kelewat jujur nulis kalo bapak ane stroke

buat agan, jujur ato ga itu pilihan gan, awalnya ane juga ga mau nulis itu, tapi ane pengen jujur aja🙂 Saran ane, ikuti kata hati agan kalo agan dalam situasi kaya ane, karena emang perusahaan besar tidak mau ambil risiko dengan riwayat kesehatan. Ikuti kata hati agan untuk jujur atau tidak mengungkapkan fakta yang ada, bukan mau ngajarin untuk ga jujur lho gan, tapi sekali lagi jujur itu pilihan. Percaya deh gan, tidak ada yang perlu disesali dari sebuah kejujuran😀

3. pacar ane juga tes kesehatan (ini alasan nyeleneh tapi mungkin, haha😀 )

biarpun agak aneh tapi Bank Norman emang ga mau ada sesama pegawainya yang nikah gan, mereka boleh nikah tapi harus ada yang keluar dan itu merugikan perusahaan kan gan.

Oke gan, selamat berjuang ya, moga agan dan aganwati sekalian lolos. Agan jangan berharap ketemu ane disana (siapa juga yang ngarep ketemu elo, hahaha 😛 ) semoga bermanfaat ya gan, jangan pernah menyerah oleh kegagalan, meski kegagalan itu karena fisik seperti ane. Ingat, Tuhan menciptakan kita dengan sangat sempurna, kalo kita menyerah karena fisik berarti kita udah menyalahkan Tuhan gan. Mari kita buat Tuhan tersenyum, jangan kecewakan Tuhan gan, lakukan segalanya dengan upaya yang terbaik !!! TERUSLAH BERJUANG!!!

Jangan sedih jika kita gagal hari ini

berikanlah waktu untuk kekecewaan, beri waktu untuk kemarahan, beri waktu untuk penyesalan,

biarkan mereka berkecamuk dalam bunga tidur kita,

tapi berikan waktu hanya sebentar saja,

hanya malam ini.

karena esok adalah waktunya kita belajar, dan berbuat lebih baik lagi

                                                             p

Update terakhir: Semarang, 20 Juni 2011 18.18 WIB


Responses

  1. haiiii…
    mo nanya donk…
    pas FGDnya ada sesi diskusi yg harus pake bhs inggris gak ?
    trimss

    • Wah, ad komen ternyata, hehe, ga harus kok mer, malah pake b.indo, maaf baru bales, gatau kalo ada komen, msi bgg pke wordpress, hehe

  2. mantap blognya bro…sang pelita harapan ketika sy mengikuti seleksi.thx y no.smg kebaikan mu di bls ma yg diatas🙂

  3. terima kasih.. terima kasih banyak.. ini sangat membantu saya dalam proses mencari kerja, posisi akhir saya menunggu hasil FGD.. setidaknya saya mengetahui proses selanjutnya.. selalu sehat dan selalu hebat buat agan, sukses!!!

  4. two thumbs deh.. penjelasannya komplit! hehee..

  5. alo,,,mohon info mas, klo udah nikah bisa ga ya melamar jadi odp bni? kadang karna tau kita udah nikah ga lolos admin…mohon info ya mas… thanks

    • boleh fidelia, aku tau dari temenku di odp bni, temennya udah punya anak, CMIIW🙂

  6. Gan, ane sdh ikut tes fgd 3x dan nglakuin seperti yg agan sampekan diatas tp knapa msih blum lulus juga y ? ni skrg lg ikut tes yg ke 4 doain ane yg ini lolos ya ?!

    • kasusny masih sama y gan?
      agan gimana dominan ato pasif?
      trus yg lain?
      kalo setau ane penilaian it tergantung juga sama sikap kita dalam diskusi gan, solutif, g ngotot, kalem tp mengena
      kl agan ud begitu ane juga bingung mau jawab ap..
      kl suudzon ane si krn agan ikut berkali2 it jd dirject, tp setau ane direject pun hrsny wktu pertama, soalny tmn ane dl pnh gan direject krn ud pnh ikt, tp wkt ptma si rejectny..
      ane doain deh gan…kerjaan it jodoh gan, Tuhan pasti kasih yg terbaik bwt kita di waktu yg tepat pula🙂
      kabar2 lg y gan..

      salam dari Balikpapan

  7. Alhamdulillah Gan ane dipanggil buat interview user kemarin, doain lolos sampe akhir ya gan ?! Thx pencerahannya,🙂

  8. Mau nanya donk.
    brp lama pengumuman kita diterima atau ngga sejak tes medcek?
    Mohon infonya gan
    Ane udah 3 minggu blm ad kabar soalnya
    Thank you gan🙂

    • wah ane agak lupa gan, kayanya bisa ditelusur dr tgl ane nulis blog mpe terakhir nulis, kl g 2 minggu 2 bulan ane ga gitu inget..
      sabar gaan..
      tetep semangat! jgn lupa kabar2 di mari🙂

    • kl yg ni seinget ane 2 minggu gan, yg satu ni relatif cepet kok gan😀
      kabar2 di mari lagi gan, sori tlt blsny, bnyk backlog di kantor🙂

  9. Thx gan, sekarang tinggal sabarnya doank buat nungguin hasil tesnya..

    • ane punya alergo seafood ni gan.. kira2 berpengarih gag ya gan?

      • kayanya enggak deh gan,
        yg pnting kan sehat gan..
        share di mari hasilnya ya gan

  10. Kata2 penutupnya super sekali…
    Saya terkesan dengan semangat, usaha dan pemikiran anda..

  11. Seru nih bacanya,,ga2l di perusahan bank2 bumn si masnya,,malah dapet perushaan bumn no 1 di negeri ini,,,kerenn n saluttt,,emng rencana Allah swt pasti yg terbaik,,

  12. hai kak, pengumuman bni FGD menuju interv user berapa lama ya? saya hari ini genap 2minggu tp belum ada juga pengumumannya .. answr ya kak *thx

    • wah maap ya, udah lama ga buka blog nih,
      gimana udah dapet pengumuman?🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: