Posted by: youseeindonesia | May 16, 2011

TIPS WAWANCARA KERJA / INTERVIEW (work in process and progress)

Wawancara kerja kadang jadi momok yang amat menakutkan buat seorang fresh graduate. Hal ini wajar mengingat kita belum tau apa yang akan kita hadapi gan. Ane berharap apa yang ane tulis hari ini bisa sedikit membantu meringankan beban sebelum agan dan aganwati rekan youseeindonesia semua menghadapi fase yang lebih mendebarkan dari sidang skripsi ini.

Yang pertama ane akan merilis beberapa daftar pertanyaan yang sering sekali muncul dalam proses interview seorang applicant. Cekibrot ya ganšŸ˜€

MOTIVASI, KEPERCAYAAN DIRI, AMBIL RISIKO, DAN APRESIASI DIRI

Mengapa anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di tempat ini?

Apa yang membuat anda tertarik dengan perusahaan ini?

Tanggung jawab apa yang anda anggap penting dalam pekerjaan?

Tantangan apa yang anda cari dalam pekerjaan?

Sebutkan 2 hal yang memotivasi anda dalam bekerja

Apa arti bekerja bagi anda?

Menurut anda apa itu achievement?

Ceritakan pencapaian terbaik dalam hidup anda sejauh ini

Apakah anda pernah melakukan hal yang tersulit dalam hidup andaĀ ? ceritakan

Apa arti sukses menurut anda? Apa ukuran sukses bagi anda? Apa pengaruh kesuksesan untuk diri andaĀ ?

Apa itu kegagalan? Pernahkah anda mengalaminya? Apa imbasnya untuk diri anda?

Apa kegagalan terbesar dalam hidup anda dan bagaimana anda mengatasi perasaan anda atas kegagalan ituĀ ?

Berdasarkan pengalaman anda, ceritakan secara rinci dalam hal lapa anda anda mengambil risiko terbesar?Ā  Mengapa anda mengambil risiko tersebutĀ ?

Bagaimana anda memandang diri anda sejauh ini, sukses atau tidak?

Mata kuliah apa yang paling anda sukai dan paling anda tidak sukai?

Menurut anda, apakah indeks prestasi anda mengindikasikan nilai anda secara keseluruhan?

Berikan alasan mengapa kami harus memilih anda di antara puluhan pelamar yang sampai di tahap ini?

Berikan kami gambaran, 5 saja kelebihan dan kekurangan anda

Apa target anda sebelum masuk kuliah? Bagaimana anda mencapai target anda?

Prestasi apa yang tidak pernah dapat anda lupakan?

Apa target anda setelah lulus kuliah?

Apa target anda 5 tahun ke depan bersama perusahaan kami?

TEKANAN/ STRES DAN SIKAP KERJA

Dalam lingkungan bekerja seperti apa anda merasa nyaman?

Seandainya ada pelanggan yang marah karena hal yang dilakukan bukan oleh anda apa yang akan anda lakukan?

Bagaimana anda menyikapi kritik yang ditujukan kepada anda?

Seandainya anda mendapatkan pekerjaan yang tidak anda harapkan apa yang anda akan lakukan?

Jika atasan anda meminta anda untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan hati nurani anda apa yang akan anda lakukan?

Apa yang anda anggap hal berat untuk dilakukan?

Pada situasi seperti apa anda sulit untuk membuat keputusan?

Seandainya anda dihadapkan pada 2 tugas yang harus diselesaikan secara bersamaan apa yang anda akan lakukan?

Masalah terbesar apa yang pernah anda alami dan bagaimana anda mengatasinya?

Seandainya anda ditempatkan di cabang yang jauh dari lokasi anda bagaimana anda menyikapinya?

Seandainya ada pengalihan tanggung jawab pada pekerjaan yang anda pegang bagaimana anda menyikapinya?

INISIATIF DAN BERPIKIR ANALITIS

Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini? Darimana?

Ceritakan mengenai pendidikan, pelatihan, dan organisasi yang pernah anda ikuti

Ceritakan satu contoh inisiatif yang pernah anda ambil dalam berorganisasi

Masalah tersulit apa yang pernah anda alami? Bagaimana anda menyelesaikannya?

Hambatan apa saja yang anda hadapi selama kuliah, bagaimana anda mengatasinya?

Ceritakan mengenai persoalan yang pernah anda pecahkan

Ceritakan situasi dimana anda pernah mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan

Apa yang menjadi pertimbangan anda setiap mengambil suatu keputusan?

Permasalahan apa yang paling sering anda hadapi? Apa yang anda lakukan untuk memecahkannya?

Bagaimana anda menyelesaikan masalah yang muncul secara tiba-tiba?

Bagaiman anda membuat suatu keputusan penting?

Dalam konsisi seperti apa anda memiliki kemungkinan paling besar dalam membuat kesalahan?

Menurut anda faktor apa yang paling menentukan kesuksesan seseorang?

Apa yang anda lakukan saat anda tidak mampu memecahkan persoalan yang sulit?

Keputusan tersulit apa yang pernah anda ambil?

Kapan anda memutuskan untuk berhenti berusaha memecahkan suatu persoalan?


Mungkin hari ini cukup sekian, ane akan lanjut lagi esok dengan mencoba memberikan beberapa alternatif jawaban untuk beberapa pertanyaan yang paling sering muncul juga hal-hal penting yang harus kita perhatikan saat wawancara kerja. Yah, semoga ada hal baru yang bisa kita pelajari bersama. Semoga bermanfaat.

Salam Indonesia !

*****

Agan dan aganwati yang terhormat, ane lanjut lagi setelah beberapa hari ga menyentuh ini. Ane coba tampilkan beberapa opsi jawaban untuk beberapa pertanyaan yang sering muncul. Agan ga perlu berpatokan pada alternatif jawaban ane kalo suatu saat dapet pertanyaan ini, jadikan sebagai gambaran aja, kalo agan punya jawaban sendiri yang lebih bagus, jangan ragu untuk menggunakannya dan jangan lupa dishare di mari buat nambah pilihan dan pastinya bermanfaat buat semuanya. O ya, ini bukan jawaban ane waktu interview lho gan, ane gabung-gabungin kemampuan orang, semoga aja mengilhami kita buat lebih meng-explore (ane dapet kata ini dari kakak kelasšŸ˜€ ) keunggulan kita.

Ane mulai dari pertanyaan yang biasanya pertama dikeluarin interviewer

  1. Jelaskan tentang diri anda, atau bisa juga perkenalkan diri anda, ato biasanya ceritakan tentang diri anda

Ini pertanyaan umum yang pertama dikeluarkan interviewer dan ini menentukan pertanyaan selanjutnya dari interviewer.

Saya lahir di Semarang. Ayah saya seorang dosen dan ibu saya membuka usaha rumah makan padang. Selepas SMA saya kuliah di UNDIP jurusan Akuntansi. Saya menjadi Kepala Divisi Humas di Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Saya punya pengalaman sebagai asisten dosen selama 2 tahun berturut-turut. Saya memiliki sertifikat brevet A, B hingga C dan sertifikat bahasa inggris, mandarin, korea dan jepang. Saya memiliki pengalaman bekerja selama satu tahun di KAP Hananta sebagai asisten auditor.

Ini jawaban lumayan gan, tapi terlalu umum (banyak yang make) dan terkesan Ā membacakan CV, karena masih berkutat di saya lahir, saya kuliah, saya bekerja dsb. Satu lagi, jangan buat kalimat saya memiliki sertifikat gan, perusahaan ga butuh sertifikat, bungkus kalimatnya supaya terdengar lebih enak. Kalo agan belum punya pengalaman kerja, tampilkan pengalaman organisasi, kalo ga punya juga, ceritakan pengalaman terhebat agan yang mengesankan.

Terima kasih Pak. Yang mana yang harus saya ceritakan? Apa Bapak ingin mengetahui tentang pengalaman organisasi saya atau kehidupan pribadi saya?

Ini jawaban cengengesan gan. Jangan sekali-kali nanya balik kalo ga mutu gan. Jawaban ini menunjukkan ketidaksiapan kita.

Saya seorang fresh graduate. Saya lulus dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dengan predikat cumlaude tahun ini. Tahun lalu saya pernah memimpin sebuah tim beranggotakan 25 orang untuk mempersiapkan sebuah seminar bertaraf nasional.Ā Saya punya kemampuan komunikasi dan antarpersonal yang baik yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak dalam berbagai tingkatan. Keunggulan saya adalah kemampuan dalam mengorganisasi dan mengkoordinasi sebuah tim dalam rangka memenuhi jobdesc dengan batasan waktu yang ditentukan. Saya juga terpilih sebagai asisten dosen melalui seleksi yang ketat yang dilakukan oleh dosen senior di Jurusan Akuntansi. Saya juga sukses melakukan lobi dengan sebuah perusahaan rokok terbesar di tanah air terkait sponsorship pada tahun 2008. Saya juga mahir dalam perpajakan, bahasa pemrograman, perbankan syariah, dan bahasa mandarin.

Menurut ane, kira-kira jawaban ideal kaya gini gan. Jadi kita ga perlu menceritakan posisi kita tapi menjelaskan apa yang kita lakukan. Tipe jawaban ini juga membantu buat yang pengalaman organisasinya kurang. Beberapa kalimat sebenernya sama dengan jawaban sebelumnya, cuma bungkusnya aja gan yang lebih dibuat beda. Jawaban ini akan lebih menampilkan apa yang menjadi keunggulan kita, dan membuat interviewer tahu apa saja yang pernah kita lakukan dan berapa tingkat nilai jual kita gan. Jadi intinya agan tampilin semua keunggulan agan, tapi dengan bungkus kalimat yang menarikĀ dan tetap jadi diri sendirišŸ˜€

lanjut besok lagi ke pertanyaan kedua, see you tomorrow !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: