Posted by: youseeindonesia | May 19, 2011

KARAMNYA BAHTERA MENUJU DERMAGA MANAGEMENT TRAINEE (MT) ASTRI INTERNATIONAL (AI)

Ini perjalanan ane yang akhirnya kandas di tahap FGD+INTERVIEW PSIKOLOG gan. Ane samarin lagi namanya ya gan, Astri International, agan pasti taulah, perusahaan swasta kondang terutama di bidang otomotif. Astri International yang ane apply ni via online gan, jadi agan pertama milih tempat tes dulu, ada Jakarta, Jogja, Semarang, Bandung, mana lagi ya, ga apal ane gan, banyak lah, kota-kota gedhe pokoknya. Pertama agan pengen kota mana, misal ni surabaya (SBY), MT ato apa, MTnya MT apa, finance ato apa di situ ada pilihan sesuai lowongan yang dibuka gan. Agan register dulu trus login, kaya bikin email gitu lah, upload foto juga, kayanya <15kb, trus terakhir jawab pertanyaan-pertanyaan tentang pribadi dengan cepat, ada detikannya tu gan, namanya apa ane lupa. Akhiri dengan submit ato apply. linknya ini gan, moga masih sama:

http://www.astra.co.id/career/vacancy.asp

Agan tunggu panggilan deh. Ini yang harus agan cermati, ane kasih contoh ya gan. Temen ane, apply di semarang (SMG) sama kaya ane. Nah, kita berdua mendadak dipanggil ni untuk tes di jogja. Wah ane uda nglepas aja tuh, dah ikhlas lah, ane pengennya di semarang kok disuru ke jogja mana tanggalnya mepet wisuda, ane ga dateng aja, biasanya kalo dating disuru confirm via sms. Tapi temen ane yang tadi dateng ke Jogja gan, ikut tes di sana. Tesnya si cepet, lolos tahap berikutnya ini yang pas bareng ma waktu wisuda. Temen ane keberatan, akhirnya tanya, sama Astri dijawab : lho kan kita besok mau ke Semarang (???). Dan ternyata emang iya gan, ane dapet sms panggilan lagi tes tapi di Semarang. Jadi pesen ane, buat yang dipanggil tes tahap pertama tapi dipanggilnya ga di kota yang agan pilih, abaikan aja kalo emang agan dan aganwati ini lagi ga bisa, tapi kalo agan sekalian bisa dan ga keberatan ya dateng aja.

Biasanya acara dimulai jam 8 si gan, selama persiapan acara, agan akan diajak ngobrol ma mbak Kendita, dia ngejelasin semuamya mulai dari Astri itu apa, bergerak di bidang apa aja, MT ini arahnya kemana, kita juga bebas tanya kalo ada yang kita ingin tahu, tapi kalo tanya gaji ga akan dikasi tau gan.

Ane mulai ya gan,

1. PSIKOTES

Dimana-mana hampir sama si gan, dikasih waktu tertentu trus mbaknya nyuruh pindah ke subtes berikutnya kalo waktu abis dan ga boleh balik lagi. Tapi inget celah gan, ga ada poin minus, kalo agan bolong, ngasal aja. Isinya juga hamper sama, tes kata, ngitung dsb, diakhiri dengan tes ingatan, ada 3 nama orang gitu gan, masing-masing punya alamat (inget-inget kotanya, nomornya), tanggal lahir (inget-inget usia, tanggal ganjil genap, bulan ma tahun), orang tua (inget namanya gan). Ni tes paling gampang gan, yang susah ya deret, gambar, tapi ane lumayan penuh si gan, beda ma BNI ma Pertamina (bolongnya hamper separo).Ada 3 lembar jawab nanti gan, tiap selese, lembar jawab langsung diserahin pindah lembar jawab berikutnya. Koreksinya nanti cepet gan. Agan tunggu di luar 15 menit, ane dulu ga nyampe 15 menit si, langsung pengumuman siapa aja yang lolos. Kira-kira 50% lah gan.

2. TES KEPRIBADIAN

Ane rada bingung ni tes apa bukan ya, menurut ane si ni bukan tes sebenernya gansoalnya , ga ada yang ga lolos di tahap ini nantinya. Tapi apa yang agan isi di sini buat pertimbangan waktu interview psikolog. O ya gan, ni kan dah siang, jadi mbak-mbak Astri ngasih kita cemilan (bukan makan lho gan), ane dulu dikasi spaghetti KFC ma aqua, kalo temen ane di Jogja roti gitu, tapi kenyangan roti si. Na di tahap ini agan pertama disuru ngisi lembar jawab yang bentuknya aneh minta ampun, anak psikolog tau lah, miring-miring gitu, isinya tentang pribadi agan, kaya “Saya selalu makan dengan cepat” vs “Saya menata barang dengan rapi”, mana yang lebih mencerminkan agan. Kayanya 200an pertanyaan semacam itu gan. Abis itu ada tes gambar gan, agan dikasi dua hvs kosong, agan tulis nama ma nomor agan, agan balik, gambar pohon di situ. Kalo uda selese gambar orang. Gambar pohon harus dikasi nama pohon apa itu, ada beberapa pohon yang ga boleh digambar kaya cemara, beringin, dll, kalo gambar orang dikasi nama, usia, aktivitas, 3 sifat positif dan 3 sifat negatif.

Kalo uda selese ada wartegg tes gan, bukan tes cepet-cepetan makan di warteg lho gan,😀 ni tes melanjutkan gambar. Agan beli buku psikotes pasti ada, Astri pakenya standar aja kok, kalo agan bingung ane kasih gambarnya nih:

Na nggambar ini agan harus perhitungin waktunya, harus cepet soalnya gan. Saran ane agan latihan dulu di rumah, mau gambar apa, lancar deh waktu disuru ngebut.

3. FGD+INTERVIEW PSIKOLOG

Ini ni tahap yang mengganjal ane gan. Agan akan disuru dateng sesuai jam grup fgd agan, ad yang jam8, jam10 dsb. Masing-masing grup biasanya 6 orang. Dulu si ane fgd dulu gan. Ane ga akan cerita kronologi fgd ane dulu gan, karena ni fgd ane yang paling kisruh dan ane ga bisa ngasih ide apapun, hehehe. Tapi tenang, kalo agan pengen tau kasus yang ane hadapi kemaren, ane cerita ni gan.

Ada sebuah perusahaan namanya Astri Farma, bergerak di bidang farmasi. Nah, 25% dari, kalo ga pendapatan laba gan (ane lupa), itu dari produk lotion yang namanya ARUM. ARUM ini dari tahun ke tahun penjualannya terus menurun. Nah, Astri Farma punya rencana mengeluarkan satu produk yang dinamai SUPER ARUM. Agan nanti akan dikasi 3 lembar, lembar pertama gambaran awal kasus, lembar kedua data keuangan dan non keuangan, lembar ketiga memo dari departemen bersangkutan (ane lupa naamanya, hehehe). Nah di lembar kedua agan bisa melihat tabel perbandingan ARUM, SUPER ARUM dan MARKET LEADER, berdasar speknya masing-masing seperti kelembaban, perlindungan dari sinar matahari dll. di situ agan akan melihat bahwa spek SUPER ARUM di atas ARUM dan mendekati MARKET LEADER. Di lembar memo ada pernyataan bahwa SUPER ARUM (yang sebelumnya disebutkan berpotensi menimbulkan efek samping lebih besar) bisa diminimalkan efek sampingnya atau bahkan dihilangkan, namun membutuhkan waktu yang mungkin bisa kehabisan momentum. SUPER ARUM juga sudah ditteliti, dan dari yang terkena iritasi akan sembuh dengan sendirinya dalam 24 jam, namun dibanding ARUM dan MARKET LEADER, potensi iritasi SUPER ARUM jauh lebih besar (ada angkanya di tabel, 10, yang lain cuma 2). Jadi pertanyaannya nanti terkait keputusan penarikan ARUM, biaya iklan, kapan jual SUPER ARUM, berapa pricing buat SUPER ARUM, dsb.

Kalo pendapat yang ane sampein si gan (ni kalo bisa jangan ditiru ya gan, soalnya ane ga lolos😀 )

Ane liat tanggal, di situ hari saat rapat tgl x februari 200Y. nah ane usul supaya SUPER ARUM ini ga dikeluarin sekarang, kita kasih waktu sampe akhir 200Y. Alasannya, 1) trend penurunan (tabel) belum sampe kembali ke starting point, jadi tahun depan baru di titik itu, 2) memberi waktu Research n Development buat meminimalisasi efek samping SUPER ARUM, 3) mengambil dana biaya iklan dari ARUM yang besar dialokasikan ke RnD agar bisa lebih cepat. Dengan demikian SUPER ARUM ga akan kehilangan momentum. Tahun depan SUPER ARUM dikeluarkan dengan harga lebih rendah dari MARKET LEADER, fungsinya untuk membunuh MARKET LEADER ini, karena selain harga spek SUPER ARUM juga berani bersaing, beberapa hal lebih unggul. Sementara, untuk ARUM tetap dipertahankan untuk menjadi lawan bagi produk-produk lain yang “low end“ karena pastinya banyak produk-produk seperti itu di kisaran harga ARUM, jadi intinya segmentasi dan positioning aja.

Abis itu interview gan, jadi selama kita fgd ada juga yang lagi interview. Interviewernya 2, satu mbak kendita tadi, satu lagi lupa namanya, rambutnya pendek. Kalo yang dapet mbak kendita ditanyanya lebih ke personalities gan, kalo mbak yang satu (kebetulan ane dapet ini) lebih ke organisasi. Pertanyaannya diulang-ulang terus nih, ya semacam “apa kelemahan kamu“, “apa kendalamu selama berorganisasi“, “apa target kamu sebelum kuliah“, “apa target kamu sekarang dan 5 tahun ke depan“, dan serbuan pertanyaan yang 90% ngomongin organisasi. Kalo temen ane dapet mbak Kendita disuru bikin laporan laba Rugi, wahahaha… ane ga bisa ngasih tips apa-apa gan, secara ane ga lolos kan, dan ane ngerasa dua-duanya ane tampil buruk, jawaban ane buruk pas interview, fgd banyak diemnya, yah sejak itu ane uda hopeless dan uda ga ngarep lagi, kayanya juga ga mau ngulangin lagi gan,😀 .

WHAT NEXT ???

Kalo agan dan aganwati sekalian lolos dari tahap ini, agan akan dipanggil via email ato sms untuk interview user maksimal 2 minggu, 2 minggu ini pengumuman lolos ato ga nya lo gan, kalo panggilannya ane ga tau. Di sini ini kelebihan Astri International, mereka adalah grup yang punya banyak jalur usaha. Jadi oleh mbak-mbak Astri tadi agan akan dicarikan user yang cocok untuk kemudian diinterview, kalopun agan gagal, agan akan dicarikan user lainnya lagi. User ini banyak gan, paling ga ada 6 cabang usaha di Astri di antaranya: otomotif mencakup Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot, Lexus, Honda, ma AstriWorld; finansial mencakup Astri Credit Company, Toyota Astri Financial Service, FIF, Bank Permata, General Insurance (asuransi Astri) , Heavy Equipment Financing (Surya Artha Nusantara Finance dan Komatsu Astri Finance); Heavy Equipment mencakup: United Tractor (punya anak lagi namanya PAMA, ni yang paling gedhe gajinya gan); Agribisnis mencakup Astri Agro Lestari; IT mencakup Astri Graphia; dan Infrastructure mencakup Astritel Nusantara dan Intertel Nusaperdana – General Infrastructure sector dan Serasi Autoraya (SERA)-Logistic Value Chain sector.

Jadi, buat agan yang sukses di tahap ini, selamat ya, tinggal selangkah bekerja di grup Astri. Tapi ane juga saranin liat kaskus gan, disana ada beberapa juragan yang udah kerja di Astri sharing pengalaman. Mereka bilang Astri adalah tempat mendevelop pegawai yang baik, banyak softskill baru yang akan agan dapet di sana. Kelebihan lain, Astri perusahaan bergengsi dan bergaji lumayan, terutama United Tractor, Pama, dan Toyota. Untuk kekurangannya, agan di kaskus bilang untuk naik ke sub golongan sangat sulit, kalo MT itu masuk golongan 4K, setelah diterima jadi 4A, itu yang namanya subgolongan, huruf-hurufnya itu. Ane ga tau itu benar ato salah karena itu apa yang dishare agan di kaskus, agan sekalian bisa cari sendiri di kaskus kok. Jadikan itu bahan pertimbangan aja, jangan menciutkan semangat ato nyali, karena abis tahap ini agan tinggal INTERVIEW USER dan MEDICAL CHECK. Ane ga bisa cerita lebih gan, karena ane gagal, tapi kalo ada info dari temen ane yang lolos kemaren ato temen ane yang sekarang kerja di United Tractor, ane bakal share di mari, Oke.. Good luck ya Gan!🙂


Leave a Reply

Categories

