Posted by: youseeindonesia | December 1, 2011

LILIN – LILIN KECIL YANG MENCOBA MENJADI BAGIAN DARI PERUSAHAAN LILIN NEGARA (PLN)

Sugeng dalu gan..

Kali ini ane mau ngreview proses rekruitmen Perusahaan Lilin Negara. Ada lowongannya kaya di bawah ini gan. Ane samarin namanya ya, gaya khas ane nih, tapi ane kasi gambarnya, sapa juga yang ga kenal ni perusahaan gan.

Gambar ane original tu gan, mpe belum dicrop segala, hahaha… Jadi gan, ni khusus buat laki laki, dan hanya universitas tertentu yang dipilih sendiri sama Perusahaan Lilin Negara. Ane sempet liat di internet ada juga yang di universitas kondang lainnya, posisinya pun sama, cuma bedanya disana ga ada yang non teknik kaya ane yang dari ekonomi gan. Daftar pertama cuma disuru bawa fotokopi ktp, legalisir ijazah + transkrip (SKL juga boleh kok), trus foto 4×6 2 lembar yang kita tempel di form yang dikasi panitia. Form yang satu kita bawa. Disitu diminta ngisi kode lamaran kita, alamat, email, nope, jurusan, TTL, trus jangan lupa nama bokap nyokap ya gan, disuru nulis tuh, kalo lupa mah kebangetan ya😀

Psikotes di sini relatif sama dengan psikotes BUMN lainnya gan. Kalountuk fgd jujur ane agak kecewa, karena kasusnya terlalu sederhana dan tidak bisa dikembangkan. tapi yang jelas untuk perusahaan ini kasusnya bisa berganti-ganti tergantung dimana tes diadakan. Waktu diadakan di Jakarta yang ngetes dari TNI kasusnya disuru milih barang-barang yang dibawa karena sebelumnya ada musibah kecelakaan pesawat yang kita ada di dalamnya terdampar di pulau yang antah berantah. kita disuru melist barang-barang berdasar skala prioritasnya.

kalo pas ane kasusnya kita adalah satu tim yang ditempatkan di Papua, disitu dijelasin kita dapet mess dengan dua kamar, satu kamar mandi, trus rumahnya deket sungai, ada keterangan air pam keluar jam berapa, trus jarak ke kantor berapa. Pertanyaannya juga sederhana yang pertama bagaimana mengelola mess dengan segala keterbatasannya, dan yang kedua bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat asli yang masih takut dengan orang asing sekaligus menjaga properti perusahaan.

Sekian dari ane gan, karena ane ga lolos di sini. Mungkin karena kebijakan baru kalo ga nerima lagi dari akuntansi. Terakhir angkatan 2006. Itu ane tau dari temen ane kuliah PPA yang kerja di ni perusahaan untuk distribusi wilayah Jateng DIY.

Jujur aja diskusi jadi buntu karena semua jawaban sama. Kreativitas jadi nol ga ada ide baru yang muncul, semua berpikiran sama dan akhirnya semua mengatakan hal yang sama hanya repetisi semata.

Buat agan yang mau berjuang di sini, good luck ya, semoga yang sedikit ini bermanfaat walopun ane gugur duluan.


Responses

  1. ceritanya sangat bermanfaat mas. mas ada yang ingin saya tanyakan mungkin ada pengalaman sebelumnya, saat ini saya fresh graduate baru lulus bulan juli kemarin tetapi ijazah belum keluar mas. saya ingin daftar di pertamina, apakah bisa saya daftar online di web site pertamina dengan upload skl+transkrip saja? terima kasih mas. mohon di jawab ya mas. lewat email juga boleh..🙂

    • maaf gan saya baru buka lagi, sibuk lembur hehe..
      ane jg freshgrad kok gan, pake SKL setau ane bisa, dari SKL keluar ane uda pake buat muter2 kemana2 gan…CMIIW


Leave a Reply

Categories

