Posted by: youseeindonesia | December 7, 2011

SELAMAT DATANG DI PT PARTOMINAH (PERSERO)

Hari ini, setelah lama ane trauma nulis tentang perjalanan jobseeker ane di blog, ane mulai ngetik ini lagi. Saat ini, ane tercatat sebagai mahasiswa PPA dan S2 gan, tapi ane masih tetep jalan jalan kemana-mana. Kali ini kisah ane tentang sebuah BUMN paling kondang di Indonesia, apalagi kalau bukan Perusahaan Tarif Minyak Negara alias PT PartoMinah (Persero) — (kalo ditanya singkatannya jangan jawab itu gan, bukan itu soalnya, itu buat nyamarin aja, adatnya ane aja gan..). Agan bisa liat di sini juga.

Sebenernya sejak awal ane lulus dulu, ane ma sohib ane mengejar mimpi menjadi energi terbarukan PT PartoMinah (Persero) mpe ke Surabaya. Dan ternyata, Surabaya cuman pasang stand, tetep online caranya. Ane, temen ane dan dua temen baru kita dari hukum, juga pacar ane dipanggil buat ujian di Grha Sabha Pramana UGM. Cuma pacar ane ma temen hukum kita yang lolos. Pacar ane gagal di tes kesehatan dan temen kita hukum itu sekarang udah ojt di PT PartoMinah (Persero).

Nah, hari ini, bukan ane mau mengenang masa lalu itu, tapi ane mau mengisahkan perjalanan ane untuk bisa menembus benteng tebal ni perusahaan. Suatu hari ada lagi dan disuru apply online padahal kata webnya rekrutmen terakhir buat taun 2011 yang pas di Surabaya itu. Ane, tanpa peduli syarat kalo harus setahun lagi baru boleh daftar karena pernah gagal, upload semua yang dipersyaratkan. Alhasil, ane dan temen ane yang kuliah S2 dipanggil ke Jakarta, padahal daftarnya buat tes di jogja. Ane juga kaget karena seinget ane kalo gagal harus nunggu setahun dan rekruitmen online kali ini buat jurusan manajemen keuangan bukan akuntansi…rahasianya apa? Ganti email agan kalo apply lagi, insya Allah manjur buat lolosin ke psikotes. Awalnya ane juga ga percaya gan, tapi kenyataannya ane dipanggil dan temen ane yang manajemen keu malah ga dipanggil padahal IPKnya tinggian dia gan.

Singkat cerita, ane gagal di psikotes untuk kali kedua. Padahal ane uda tau soalnya kaya apa dan semua ane kerjain dengan sesempurna yang ane bisa gan, beda ma yang di Surabaya, amburadul itu. Ane bilang gagal karena lebih dari sebulan kita berdua ga dipanggil dan di kaskus diceritain kalo ada yang dari rekrutan online jogja udah sampe interview topman.

Tapiiii gann… ane dapet panggilan psikotes lagi… untuk ketiga kalinya dalam selang waktu  8 bulan gan! Kenapa bisa? Karena ane masukin lagi di jobfair ITB gan, ni jobfair ngaudubillah gede banget, maklum alumninya banyak yang kerja di tempat-tempat bonafit. Cuma agak semrawut, banyak oknum di parkiran, ga tertata rapi, dsb. Tapi daya tariknya tetep..perusahaan gede-gede di oil & mining ada di sini, juga ada perusahaan internasional Yunilaper yang gajinya gede itu. Ane juga kaget ada PartoMinah plus 6 anak perusahaannya, ane pikir cuma pasang stan kaya di Surabaya, ternyata langsung ngumpulin cv dan teman-temannya. Masih di posisi BPS-Keuangan gan. Sorenya langsung ada pengumuman administrasi. Ane dipanggil tes 4 hari setelah pengumuman di Unpad.

Jadi, saran ane gan, kalo agan pengen coba di PT PartoMinah (Persero) ini, jangan coba cuma satu kali dalam setahun, tiap ada cobain aja, jangan takut sama ancaman harus setahun itu. Siapa tau agan berhasil di salah satunya.

Wah udah panjang aja ni ane ngomong, langsung ke tahapan tesnya deh gan, cekibrot.

1. Administrasi

Agan taulah kaya apa, yang penting IP di atas 3 setau ane dan ga harus akreditasi universitas negeri A, karena ane punya kenalan dari universitas swasta tak bernama yang akreditasinya pun ga jelas bisa lolos kok, IPKnya 3.87 si gan… Soalnya PT PartoMinah (Persero) udah sering diprotes gara-gara diskriminasi akreditasi harus A padahal yang akreditasi A di luar Jawa kan dikit banget gan.. Trus soal TOEFL ane pake toefl “tak dikenal” juga masuk kok asal skornya memenuhi. Yang jelas di list web pertamina ga ada, toefl lokal gitu lah.. Tapi kadang ada juga kasus temen ane toeflnya kurang dua poin dari yang disyaratin dipanggil juga kok.

Kalo apply online seringnya ada masalah gan, sabar aja, pasti bisa kok, pantengin terus sampe bener-bener bisa gan. Biasanya kalopun mpe batas waktu kelewat dan masih eror juga PT PartoMinah (Persero) bakalan memperpanjang masa apply onlinenya.

Waktu ane apply di jobfair ITB ini cepet banget gan, pagi daftar sore keluar daftar yang lolos administrasi dan jadwal ujiannya. Ane ujian psikometri 4 hari setelah pengumuman itu. Sekarang agan dan aganwati sekalian juga bisa pantau via facebook : recruitment PT PERTAMINA (PERSERO); twitter : @pertaminaREC dan @PTPERTAMINA.

2. Psikometri

Jujur kalo tes ini ane butuh lebih dari satu kali untuk bisa lolos gan. Sebenernya tesnya baik dari pertanyaan maupun jawaban maupun waktu ane bilang 90% sama kaya tes BUMN persero lainnya… Secara ane juga pernah tes di PTPN, Perusahaan Lilin Negara, dll. Temen ane bilang Brantas Abipraya juga sama.

Jadi ada sekitar 9 subtes yang ada kodenya sendiri-sendiri dan ada alokasi waktu yang kita ga tau berapa menit. Kalo pengawas bilang selesai kita ga boleh ngisi lagi dan kita harus pindah ke subtes berikutnya. Tapi gan, ada jeda buat mbaca contoh..naa.. pake aja buat nambal-nambal yang kurang, tapi jangan liat soalnya, agan harus inget bener soal ma jawabannya, kalo ane si biasanya nambal soal itungan karena soal itungan itu yang biasana ane kedodoran dan lagipula kita kan ada oret-oretan yang pasti bakal ngingetin kita yang belum soalnya apa.

3. Interpiu User ma HRD

Kira-kira dua minggu setelah psikometri di Unpad, ane dapet sms dan email. Jadi PartoMinah itu selalu ngasi sms sekaligus email, kalo ga dapet salah satunya biasanya diminta menghubungi nomernya yang 5 dan 0nya 5x itu. Ane dipanggil buat interview user dan HR di kantor pusat PartoMinah. Temen ane sempet bermasalah di sini karena cuma dapet sms dan ga dapet email, repot kan gan.

Agan kalo dari Gambir udah keliatan jelas itu gedungnya, dari Monas juga keliatan. Kalo ane biasanya masuk lewat pintu yang di deket shelter Istiqlal. Bilang ma satpamnya nanti dibukain karena sistemnya emang pake kartu elektronik buat mbuka apa itu namanya ya yang palang tiga muter kalo ada orang lewat, ya itulah pokoknya hehe. Ane jalan lurus, belok kiri dikit trus nganan masuk ke parkiran tembus ke lobi. Dari lobi bilang ke satpam nanti dikasih id card yang juga fungsinya sama kaya tadi gan. Kebetulan pas ini ane kehabisan jadi ane dibukai pake kunci manual lewat pintu kaca. Kalo agan dapet id card agan harus menyerahkan identitas diri untuk ditahan, diambil lagi nanti kalo pulang. Ane interview di lantai 21. Lift yang sampe di lantai 21 cuman lift 4 dan 5, jadi kalo agan lewat lift lain sampe lantai 20 harus pindah ke lift 4 atau 5.

Sampe disana gan, udah ada beberapa yang menunggu termasuk mbak-mbak PartoMinah yang jaga jobfair yang ane ngefans banget, cakep bener deh gan, tipe ane banget sayangnya ane bukan tipenya, wkwkwkwk. Ane duduk-duduk, kenalan-kenalan, bla-bla-bla. Ane ga sengaja ketemu temen ane sejurusan walopun beda kelas. Ga lama berselang mbak caem tadi bagiin biodata yang nanti buat interview sekalian dikumpulin ma data yang kita disuru bawa dalam map ijo. Jangan lupa selalu sedia foto gan. Setelah itu kita disuru ngumpulin, katanya yang ngumpulin duluan dipanggil interview duluan, ane ogahlah, jadi tumbal namanya, ane tunggu deh mpe pada ngmpulin, hahayy!!

Setelah udah agak banyak yang ngumpulin, ane maju dengan pede segede gajah. Ane serahin mapnya dan ane disuru tandatangan. Busset, kenapa di lembar bagian ane yang tulisannya Meja 5 belom ada yang tandatangan yak? Ane nomer 1 kalo gini caranya. Dan bener ga sampe 10 menit ane uda dipanggil. Itu kira-kira jam setengah9an gan. Yang pertama harus berkesan ni, kalo ga bisa lupa interviewer ketutup ma yang lain.

“silakan masuk, ayo..” kata ibu HR yang ramah dan murah senyum. Ibu ini keliatannya udah senior, gaya bicaranya juga mantep gan.

“maaf saya terlambat ya, tadi ada sedikit yang harus diselesaikan,”

“ohh tidak apa-apa Bu..” jawab ane sambil senyum juga. Dalam hati, ini mah ga telat, kecepetan. Tapi kenapa cuman bersatu, maksud ane satu orang.

“iya kita mulai saja ya, ee..”

“maaf saya telat,” tiba-tiba ada pria berkumis berwajah cerah agak gendut tapi ramah masuk.

“iya mari dimulai saja,”

“iyak, terima kasih, saudara *******, saya **** dari HR PT PartoMinah (Persero) dan beliau Pak **** dari divisi keuangan. Kita mulai saja, bisa saudara ceritakan siapa diri saudara dalam bahasa inggris, silakan..,”

Bla-bla-bla ane ngomong sekenanya karena ane emang ga persiapan bahasa inggris gan, hehe. Buat agan yang inggrisnya lemah, ane saranin latian dulu di rumah, bikin rancangan apa yang mau diomongin dalam bahasa inggris, ya tentang diri pribadi lah, kelebihan kelemahan lah, organisasi lah, prestasi lah, motivasi dsb. Agan ga usah takut, inggris asal layak ga akan ngaruh kok, ane aja yang amburadul lolos tu gan, grammar semrawut, tenses campur aduk.

Pertanyaan selanjutnya seputar ini gan..

“pernah denger IFRS?apa yang kamu ketahui tentang itu?”

“skripsi kamu tentang apa?”

“apa sih motivasi kamu masuk di sini mas?”

“tolong ceritakan pengalaman organisasi selama ini,”

“pernah ga mengalami konflik selama berorganisasi?”

“bagaimana pacarmu nanti kalo kamu ditempatkan di pelosok?” (yang kaya gini ni jawabnya ada yang bingung, jangan bingung gan, yakin aja! Malah ada yang bilang kalo ga mau ya saya cari lagi Pak, ada lagi yang ngaku tidak punya, kalo ane karena kebetulan pas punya jadi ane jawab kami sudah membicarakannya Pak dan dia siap mengikuti saya kemanapun saya pergi)

“keberhasilan apa yang paling penting dan kegagalan apa yang paling buruk dalam hidup kamu?”

Pertanyaan-pertanyaan itu ane jawab seperti biasa, panjang lebar, kemana-mana, dan sedikit dibumbui lawakan. Ane sempet meneteskan air mata waktu ane jawab apa kegagalan ane gan. Ane cerita tentang ane dulu yang jarang pulang mpe Babe sakit. Ane cuman bisa foya-foya, belajar ga niat, main-main, ya emang ga sampe minum ato ngasep gan, tapi itungannya ane bukan anak yang berbakti. Dan kemudian, ane diberi pelajaran, Babe sakit stroke, dan daya ingatnya melemah, separuh badan lumpuh. Babe ga bisa ambil gaji gan, ane hidup dari nebeng kakak ane. Dan babe pun akhirnya dibawa serta karena di desa akses pengobatan sulit. Selanjutnya ane berubah, ane sungguh-sungguh belajar, mbikin skripsi secepet mungkin, biar meringankan beban kakak ane. Dan banyak lagi yang ane ceritakan. Pak user cuma geleng-geleng kepala dan bilang,

“kamu badung juga ya, hahaha..”

Ane mau share juga jawaban yang bagus dari temen ane kalo ditanyain kenapa pengen kerja “di sini”.

“ada tiga hal yang membuat saya memilih perusahaan ini. Yang pertama Trust, bagaimana saya dan masyarakat percaya pada perusahaan ini, tempatini tepat untuk mengembangkan karir, perusahaan ini besar dan saya tahu serta yakin pada perusahaan ini. Yang kedua Competitive, perusahaan ini sedang dalam masa bersaing dan prospek going concernnya sangat baik. Ketiga Value, Perusahaan memiliki value untuk saya karena value itu lebih berharga dari sekedar salary. Bla bla bla.. (silakan dikembangkan sendiri gan😀 )”

Satu pertanyaan yang menggelitik ane ada di akhir-akhir. Ane ga pernah ditanya beginian dan kalo ditanya bingung jawab apa karena ane bukan tipe kaya temen-temen ane yang sering ikutan lomba tingkat nasional.

“pernah punya prestasi di kuliah, lomba mungkin?”

“pernah ibu, tapi jujur saya tidak bangga karena kemenangan itu bukan karena kepandaian saya,” ane cerita waktu ane ma dua temen ane (satu sekarang di BNI satunya lagi di BRI) jadi satu tim di Accounting in Actionnya KMA Undip.

“lha trus?”

“karena keberuntungan ibu, jadi lombanya seperti cerdas cermat akuntansi, tetapi didesain seperti kuis Siapa Berani yang harus mempertaruhkan nilai di babak terakhir. Nah, waktu itu nilai tim kami paling rendah diantara empat tim yang ada ibu, jadi kami harus mepertaruhkan semuanya padahal kami tidak tau jawabannya apa,”

“soalnya tentang apa itu mas?” Tanya bapak kumis yang selalu senyum dan tertawa, enak banget orangnya

“tentang akuntansi perbankan Pak, kalo tidak salah PPAP,”

“berarti kamu selalu pake perasaan kalo mengambil keputusan?”

“ohh tidak Bu, itu opsi terakhir setelah analisa dan berdoa. Waktu itu yang saya lakukan hanya memperhatikan slide, sementara teman-teman saya sibuk menghitung, menghitung kancing maksud saya Bu”

“hahahahaha.., lalu?”

“ya karena saya berdoa dan terus memperhatikan slide sementara tim lain sibuk berunding, saya menjadi sangat beruntung Bu, karena operatornya melakukan kesalahan, kepencet slide kunci jawabannya Bu, keliatan D begitu. Akhirnya saya tulis, dan beruntungnya tiga tim lain tidak ada juga yang menjawab D, semua jawaban berbeda, padahal mereka ngitung itu Bu,”

“hahahahaha… luar biasa bejo itu namanya,” Bapak itu tertawa lepas dan bersandar ke kursinya sambil terus tersenyum.

“kamu sudah melamar di berapa perusahaan? Lulus kapan tadi?”

“april tahun ini Pak dan sejak itu saya sudah melanglang buana ke seluruh Jawa Pak, dari Jakarta, Surabaya, Jogja, dan terakhir Bandung, dan sekarang datang lagi ke Jakarta Pak,”

“sudah berapa perusahaan yang kamu lamar?”

“banyak sekali Pak, BNI, BRI, Mandiri, PTPN, PLN, Astra International, United Tractor, PWC.. wah saya lupa apa lagi Pak,”

“wah banyak juga ya, kamu sibuk sekali berarti itu dipanggil sana sini kan pasti”timpal bapaknya. Si ibu lanjut bertanya,

“kamu ini sudah pernah melamar di banyak perusahaan ya, menurut kamu kenapa kamu gagal?kamu pinter, punya prestasi yang tadi itu juga (sambil senyum ibunya), organisasi bagus, apa yang membuat kamu gagal?paling tinggi tahap apa?”

“paling tinggi saya ada di Bank Norman Indonesia ibu, di tes kesehatan. Mungkin kalau bicara gagal yang paling menyakitkan bagi saya bukan itu ibu, tapi ketika saya gagal di BRI,”

“lho kenapa?di psikotesnya?”

“bukan ibu, karena bahkan saya tidak lolos administrasi, dua kali saya mencoba dan saya tidak diloloskan untuk sekedar ikut psikotes,”

“alasannya?”

“itulah yang berbeda ibu, jadi BRI seleksi pertama adalah menyerahkan berkas, dilihat fotonya dan dalam 10 detik sudah ada keputusan setelah interviewer melihat wajah kita, yang lolos akan ditaruh di meja yang tidak yaa ditaruh tempat berbeda,”

“loh kok aneh?”

“itulah kenapa saya memperkenalkan BRI kepada rekan-rekan saya sebagai Bank Rupawan Indonesia Bu,”

“hah!? maksudnya?” si bapak kaget dan si ibu ketawa terpingkal-pingkal.

“maksud dia cuma yang rupawan aja yang boleh lolos, hahahaha,”

“wahahahahaha…,” kali ini ketawa bapaknya paling keras.

“saya bukan karena sakit hati atau subyektif ngomong begitu Pak, tapi dari sumber primernya langsung. Teman saya punya teman orang Bank Rupawan Indonesia juga mengakui hal itu. Dan saya makin yakin setelah suatu hari secara tidak sengaja saya bersebelahan di dalam travel dengan mantan kepala cabang di Semarang yang sekarang jadi auditor di Jogja. Beliau dengan tenang bilang begini setelah saya sedikit mencoba menyinggung hal ini Pak: saya sebenernya dalam hati kecil menolak melakukan itu mas, tapi mau gimana lagi, itulah kebijakan pusat, terpaksa saya harus memilih yang menurut saya relative lebih baik secara fisik. Ya, bapak itu mungkin tidak tau atau ee.. saya yakin pasti sudah lupa, tapi.. saya sama sekali tidak lupa bahwa beliaulah yang mencoret saya waktu jobfair di Undip Pak.”

“wahhhaaahhahhahaaa wkwkwkwk..ini cerita yang lucu sekali, dunia memang sempit ya, dulu wajah saya juga kaya kamu, (wajah saya jelek donk Pak😛 )

tapi mas, jangan takut, kalo udah diterima di sini, pasti jadi apa tadi? Rupawan, hahahaaha..,”

“tapi kamu pernah gagal di tes kesehatan ya? Menurut kamu itu karena apa? Soalnya kamu kan tau PartoMinah itu… katanya ni ya, lebih sulit tes kesehatannya dibanding yang lain kan,”

“mungkin kacamata saya ibu, minus saya tinggi, karena saya sudah periksa semua di Prodia dan semuanya normal,”

“kamu sering olahraga?apa?karena nanti ada tes fisiknya lho, biasanya lari,” bapaknya menimpali.

“berenang Pak,” padahal ane baru belajar meluncur.

“o yasudah, pasti kuat lah kalo biasa berenang,”

“dan kalau bisa kamu juga persiapkan sebaik mungkin untuk matamu itu, sayang banget kalo sudah sampai sini gagal di tes kesehatan…,”

“Iya Bu,”

“gimana Pak, ada lagi?”

“dari saya sudah Bu, mungkin penjelasan itu belum,”

“iya jadi dari kami cukup sekian mas *******, jadi nanti kalo mas diterima, selama pendidikan, tiga bulan pertama kita akan in class ada uang saku 750ribu diasramakan, akomodasi ditanggung dan 9 bulan selanjutnya 3juta akomodasi dan tempat tinggal mencari sendiri. Setelah satu tahun tersebut ada penilaian dan pengangkatan menjadi pegawai waktu tidak tertentu. Ada pertanyaan mungkin?cukup jelas ya.. kalau begitu terima kasih atas waktunya, semoga sukses di tahap selanjutnya..”

“terima kasih Ibu, terima kasih Pak,” ane jabat tangan keduanya. Jujur jabat tangan ane kali ini lemah banget, jelek itungannya, terlalu lembek karena ane grogi. Dan ane pun keluar setelah hampir sejam di dalam ruang 5.

O ya gan, kalo agan abis interview pagi kaya ane, tungguin aja, karena pengumuman biasanya hari itu juga dan ditempel dan surat cintanya mbok Minah ini harus diambil langsung. Ane pun nunggu deh, dan lumayan ane dapet makan siang. Makan siang gila menurut ane, ni kalo di rumah bisa ane buat makan seharian. Nasinya dikit banget gan, tapi lauknya ada mujair gede dan ayam yang juga gede lengkap dengan sambal dan lalapan, sambal goreng ati, sayur asem, kerupuk udang, ada desertnya juga gan. Dikasih coffee break juga gan, kopi, teh, susu. Ane lanjut solat di lantai 21 itu juga gan. Selama nunggu pengumuman ane pun tidur dengan sukses.

Pengumuman sekitar jam 5, dijanjiinnya jam4 gan, tapi interview baru slese setngah 5. Yang lolos lumayan dikit gan. Tes kesehatan langsung besoknya. Padal baju ane udah abis malah disuru bawa pakaian dan sepatu olahraga dan puasa. Jadi kalo agan mpe tahap ini ane saranin bawa sepatu ma baju olahraga jauh-jauh hari. Beruntung sepatu kakak kelas ane (yang berbaik hati selalu memberi tumpangan yang sekarang di BRi) muat di kaki ane yang segede setrikaan.

4. Tes Kesehatan

Kalo boleh ane bilang inilah tes paling berat. Karena semua berpulang padaNya. Tesnya macem-macem gan. Yang paling meneror ane adalah tes lari 1,6 km. jauh hari sebelum ane sampe tahap interview ane udah coba berlatih lari keliling kompleks dan agan tau, ane cuman bertahan 3 menit setelah lari dan ni paru-paru minta ane jalan kaki dulu baru nerusin lari. Otomatis, jarak keliling ane yang cuman 1 km itu harus ane tempuh dalam 10 menit. Parah!!! Padahal dengan jarak 1,6 km, ane harus kurang dari 12 menit kalo mau lolos.

Ane tes kesehatan di Pertamedika. Masih di seputaran Gambir. Kadang sopir taksi ga tau gan, jadi harus cermat. Pertama, kita dipanggil berenam-berenam. Kita diberi penjelasan oleh Pak dokter dan diberi form, ada yang harus diserahkan ke loket tertentu, ada yang kita bawa. Sebelumnya kita isi di bagian yang ditentukan. Setelah itu tandatangan di atas materai. Permeriksaan oleh PartoMinah cukup lengkap dan makan waktu seharian. Dulu ane kira-kira mulai jam8 dan selese jam 4an.

Yang pertama, ambil darah pertama gan. Ane kurang tau ini buat apa, Tanya ke lab aja gan, hehe. Lanjut ke gigi, ane jalan ke poli gigi sekitar 150 meter dari tempat itu, agak misah. Disitu diperiksa dengan mata telanjang. Fokusnya ke lubang dan karang gigi. Ane ditanya kenapa ada pembengkakan, ane jawab aja 5 hari yang lalu baru cabut, jadi belum sembuh. Pak dokter akhirnya bilang ma suster yang nyatet missing dua (trus nyebut posisi dalam bahasa pergigian) trus bilang karang gigi sedikit (padahal dokter ane bilang banyak. Kalo ane dapet saran dari temen kuliah PPA ane yang sekarang di Perusahaan Lilin Negara, kalo mau tes kesehatan bersihin karang gigi, karena penting banget, mempengaruhi. Ane si pengen tapi mana sempet, orang esoknya langsung tes kesehatannya.

Balik lagi ke tempat tadi, ane ngantri buat rontgen. Kalo agan belum tau rontgen itu apa, gambarannya agan itu disuru lepas baju (kalo yang cewe biasanya dikasi baju khusus setau ane)

trus agan berdecak pinggang di depan papan kotak item. Agan lalu ditembak dari belakang pake sinar rontgen. Selanjutnya USG, di ruang sebelahnya. USG ini fungsinya melihat organ dalam kita apakah ada pembengkakan atau apa. Jadi perut agan nanti diolesi krim khusus dan diurut pake alat, nanti gambarnya akan muncul di monitor. Dokter yang di USG ini sensi banget gan, ane jadi sebel. Selanjutnya agan harus naro urin dan feses di tempat atau wadah khusus yang udah disediakan. Kalo ane emang disuru bawa feses dari rumah, jadi pagi kira-kira kita buang di rumah dan dibawa. Karena emang harus ada waktunya sekian jam sebelum gitu. Tapi temen ane yang ga bisa beabe gapapa kok beabe pas di situ.

Abis itu gan, kita disuru makan di kantin. Enak bener ya. Kita dikasi voucher seharga 12 ribu, tapi jujur ane ga cukup, harganya mahal gan, satu sayur yang dikit aja diharga 3ribu, satu macem lauk 3 ribu, ane yang jelas ga pake ikan ato yang mahal-mahal, jadi kalo lebih dari 12 kita bayar sendiri. Ane si milih makan nasi dikit aja, trus sayur ma pisang, minum juga air es aja soalnya ane takut gula darah jadi naik. Setelah itu langsung antri lagi buat ambil darah kedua kali ini di ujung-ujung jari, ga kerasa kok cuma cetit-cetit. Lanjut ke pemeriksaan EKG gan. Di ruang ini agan akan ditensi dulu trus dijepit pake jepitan jemuran, wkwkwk. Kira-kira semenit lah nanti akan keluar print out yang bakalan dibaca ma dokter (bukan yang ngetes kita). Di sini ada rekan ane yang akhirnya disuru dateng lagi ke Rumah Sakit Pusat PartoMinah buat dites ulang karena jantungnya ga beraturan, denyutnya lho bukan bentuknya😀

Setelah itu kita antri lagi sama peserta lain masih disitu juga. Kali ini cek fisik (kaya bikin STNK baru aja ya). Fisik yang pertama tinggi badan, berat badan, mata, spirometer, audio. Ane bocorin kalo ane itu overweight gan. Sebenernya overweight itu ga masalah asal otot bukan lemak dan kolesterol normal. Lha binaragawan kan overwight gan. Ane dengan tinggi cuma 175 berat 78 bahkan kalo lagi ada makan-makan bisa nembus kepala 8. Kalo mata itu kir biasa gan. Masih di ruang itu ada tes nafas pake alat yang namanya spirometer. Yang ini ane ngulang mpe sekian kali gan. Dibilang jelek nafas ane. Emang bener si gan, jarang olahraga soalnya. Lanjut ke ruang sebelah, audio. Kita dengerin suara kuping sebelah. Suara pelan ada yang ting, dut, macem-macem dan kita disuru mencet tombol tiap denger suara. Biasanya urutannya ada-pelan-lebih pelan-pelan banget-nggak ada-ada. Selanjutnya fisik sama dokter ni gan. Ada dua dokter disitu, satu cowok satu cewek. Ane dapet dokter cewek, yeeyyyy!!😀 Hayooo pikirannya kemana-mana mesti. Bukan gan, jadi dokter cewe cuma pinggang ke atas, pinggang ke bawah nanti minta bantuan perawat (cowok lho bukan cewek perawatnya). Yang dokter cewek, pertama ngecek psikologisnya, ditanya-tanya tadi naik apa bla-bla-bla. Yang bikin geli waktu ane ditanya ini tanggal berapa, ane mikir lama banget, hahaha, ane lupa gan, karena kebiasaan ane ga ngapalin ini tanggal berap hari ap, tinggal liat hape kalo butuh. Trus si dokter nyuru berbaring. Distetoskop, dipencet perutnya, trus apa lagi ya, o itu disuru rentangkan tangan kedepan, ada lagi diketok dengkulnya pake palu, ada lagi nguji kekuatan tangan agan dan aganwati sekalian. Setelah semua beres, si perawat cowok disuru masuk. Ane disuru lepas celana. Jadi yang ini fungsinya untuk liat ambeien tapi ga mpe dimasukin gitu gan. Trus meriksa kelamin kalo kata temen ane untuk liat verikokel ato apa gitu, varises di Mr Happy, kesehatannya dsb.

Nah, ini yang terakhir! Yang paling menegangkan.

Lari keliling lapangan 4 kali putaran dalam waktu kurang dari 12 menit.

Kita dibawa pake ambulan ke Lapangan Banteng gan. Ga jauh si. Yang bawa mobil biasanya disuru nebengin anak-anak. Ane tegang bener. Begitu sampe, ane langsung shock. Segini ni apa mungkin ane mampu. Lalu setelah semua ngumpul, kita diberi pengarahan. Ga usah kenceng-kenceng lah, kalo ga kuat bilang lah, ato yang punya jantung bisa bilang (kan punya semua kalo jantung). Trus kita dikasi nomer dada sesuai nomor di kertasnya bapak-bapak penilai. Kita diminta lari bersama semuanya jadi ga shift-shiftan. Katanya biar termotivasi gitu gan.

Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnn . .. … …. Yak! Lari pun dimulai. Ane tancap gas. Sampe setengah lap pertama ane nomor tiga tapi setelah itu, wuz wuz wuz.. jauuuh banget ane ketinggalan. Lap kedua masih mulus, tapi lap ketiga adalah lap terberat yang harus agan perjuangkan mati-matian. Jangan sampe berhenti karena kecapekan. Larilah terus nonstop biarpun pelan. Pasti nyampe waktunya gan. Na begitu lap keempat keluarin semua sisa kekuatan agan. Secepet mungkin gan, capek emang, tapi inget yang capek bukan cuma agan, yang lain juga..jadi siapa yang punya motivasi lebih dialah yang berhasil gan. Ane ga bisa ngejar depan ane mpe garis finis, orang andalas ni, tapi seenggaknya hasil ane lumayan biar dinilai masuk kategori “kurang”, 10:37. Di belakang ane ternyata masih banyak yang berceceran, wkwkwk. Dan yang luar biasa, peringkat 1 dan 2 yang 8 menit, semuanya perokok berat gan. Katanya 8 menit itu bagus, kalo lebih dari 12 menit itu ga dilolosin, tapi ada juga yang dilolosin dari cerita temen ane. Pas itu ada cewek satu yang ikut. Seinget ane kalo cewek max 15 menit gan.

5. Wawancara Top Management/Direksi

Ini bener-bener ane udah putus asa gan. Yang lain udah pada dikabari sementara ane sama sekali ga ada. Temen ane malah disuru mecek lagi… ane baca kaskus juga udah pada dipanggil, kakak kelas ane yang sekarang kerja di Bank Rupawan Indonesia juga udah dipanggil…

Tapi gan..

Namanya juga direktur, mana sempet interview semua sehariiiii !!!

Jadi dibagi suka-suka mereka kebagian kapan kitanya…

Alhasil ane dipanggil juga gan di hari paling akhir. Ane juga kayanya disms terakhir, H-7 sebelum wawancara dan ternyata temen ane yang disuru mecek lagi interviewnya bareng ane gan, hehe.. Luar biasanya dia gan, dengan gagah berani melepas ODP Bank Mandra yang sudah sign contract di depan mata.

Betete (back to the topic), ane ke Jakarta lagi gan. Ke tempat ane interview user dulu Cuma beda lantai, kali ini disuru kumpul di lantai 4. Ternyata cuma 10 orang yang interview hari kamis ini gan. Dari temen ane dia bilang kalo total tu ada 31-32 orang gan dan dibagi dalam 3 kloter. Dan denger-denger lagi kuotanya 33!  Kloter kakak kelas ane malah dipending separo karena direkturnya mau rapat ma menteri BUMN, Pak Dahlan Iskan. Dari kaskus dan sumber-sumber lain ane denger kalo direktur keuangan itu gualaknya minta ampun, ngeri, mlotot, kejam, tanpa ekspresi. Kok ane liat di foto ganteng ya gan :O

Ane menunggu deh di lobi lantai 4, sampe kira-kira jam9 nomor 1-5 disuru ngikutin ibu HRD ke lantai 3. Setengah jam berselang, karena nomor 5 belum juga datang ane disuru turun karena ane nomor 6. Wah ruangannya lumayan gan, ada lcdnya, acnya super dingin, jadi kalo agan ke toilet buat cuci muka ato apa trus balik lagi kerasa dinginnya semakin menambah ketegangan, haha..

Ane udah ikut deg-degan ma mereka berempat gan, satu dari Andalas, satu dari ITB, dua lain dari universitas swasta di Bandung namanya Widyatama, tapi keren juga mereka, pinter-pinter kok, mereka itu satu-satunya jurusan akuntansi yang bisa 5 orang tembus ke topman. Jadi jangan remehin nama universitas dan jangan terlalu minder denger nama universitas besar gan, UGM banyak tuh yang berceceran di user. Betete lagi, karena ane terakhir, ane tau deh kisaran apa pertanyaannya. Yang pertama keluar langsung ngasih kabar buruk buat kita semua.

“aku ditanya teknis semua, personalnya dikit, dari transkrip…”

Wah gelisah semua ni gan. Begitu yang kedua yang dari Widyatama  keluar, mukanya cerah gan.

“wah enak kok, bapaknya galak di awal tapi bisa becanda kok, ditanyain udah punya pacar belum, teknis tanyain matkul yang dibenci urang jawab makro mikro bapaknya diem karena sama-sama ga bisa haha, trus IFRS ma PSAK 29.”

Apaan tu PSAK 29 pikir ane. Hahaha udah SE ga ngerti apa-apa😀

Yang ketiga orang lampung dari SBM ITB ni, keluar juga dengan sumringah, dia bilang teknis lebih ke manajemen keuangan (ya iya orang dari 10 orang dia satu-satunya yang dari jurusan manajemen keuangan).

Begitu yang keempat keluar, dia bilang

“ditanyain advance nih, konsolidasian”

Waduh, mana ane ngerti gan ane ga ambil lanjutan, ambil lanjutan satu tapi geje juga waktu kuliah (ane parah banget ye gan)

Nahhh… ternyata yang nomor 5 dateng gan..alhasil ane disuru balik ke atas sama ibu HRDnya. Masa ane disuru deg-degan dua kali. Yang ini lulusan unair, udah kerja di Adek Karya, BUMN konstruksi 3 besar ni gan, MT lagi, tapi dia beruntung ga ditahan ijazahnya. O ya gan, nanti kita dikasih snack gan, lemper, roti coklat, resoles (dan entah kenapa ga pernah pake Lombok gan) ma aqua juga. Karena uda mau jam 12 waktu ane disuru turun, ane harus nunggu mpe siang alias jam 1. Dapet makan siang bu Suharti gan.. ayam goreng lengkap, sayurnya pecel, peyek kacang ma pisang, mayan.. di Semarang ane cuman lewat-lewat doank ga pernah berani mampir, hehe..

Kita solat di lantai M gan, atasnya G ato ground. Jam 1 udah kelewat tapi kita masih aja dicuekin di lantai 4. Tapi mbak-mbak yang lewat baik-baik, nyapa gitu, nanya-nanya..sampe akhirnya mbak HRD yang lain bilang kalo Pak Direktur lagi rapat sampe jam 3.. nunggu lagi deh.. dan ane tidur dengan sukses mpe jam setengah 3 di kursi lobi sementara temen ane asik ngobrol ma temen satunya dan yang laen ngeloyor ga tau kemana. Setengah 3 kita disuguhin lagi ni gan, anggur, jeruk, salak, roti yang menggugah selera ma lemper plus aqua.

Akhirnya waktunya tiba gan. Ibu HRD yang tadi, keliatan buru-buru sambil telepon dan minta kita cepet-cepet ngikutin dia. Waktu udah ampir setengah empat ni gann..dan ane kan yang pertama ya T.T sayaang banget suguhannya ga kemakan😀

Kita nunggu lagi di tempat tadi. Ane dari Undip nomor6, nomor 7 dari Widyatama (udah mpe topman Paman Persaja), nomor 8 dari Universitas Presiden, nomor 9 dari Unair tapi udah punya pengalaman kerja hampir 5 taun di Semotor Gas, dan nomor terakhir temen ane dari Undip juga.

Kali ini kayanya bakal ngebut banget, mungkin pengen buru-buru pulang (buktinya temen ane yang terakir begitu selese Pak Dir nanya langsung ditinggal pulang tanpa denger jawabannya dan temen ane tetep digilir ma para deputi).

Ya, para deputi itu namanya SVP atau Senior Vice President. Jadi di sesi kedua ini beda ma yang pertama, interviewernya bertiga sekarang gan, satu direktur keuangan, dua deputi-deputinya.  Ane karena kebagian pertama ga boleh ke kamar kecil buat rapi-rapiin ato apa gitu kaya yang lain. Daaann.. its show time. Ane dipanggil masuk.

Ane masuk dengan mempede-pedekan diri. Ternyata ruangannya luas gan. Itu ruang ada di depan ruang tunggu interview.  Disitu ada meja melingkar panjang kaya ruang rapat dan di pojok pak direktur keuangan. Ane pun dipersilakan duduk. Wajah bapak direktur udah masam tuh, kaya mangga muda.

“yak, nama kamu siapa? “

“******** Pak”

“oke, saya ****** direktur keuangan di sini dan mereka berdua deputi saya. Sekarang ceritakan siapa diri kamu dan apa pencapaian atau prestasimu dalam bahasa inggris”

Bla bla bla ane ngoceh pake bahasa alien dan bapaknya sesekali nanyain statement ane, kaya kenapa kamu begitu yakin? Apa buktinya?  Bla bla bla. Tipsnya siapkan rangkaian kalimat dalam bahasa inggris sebelum mengetuk pintu buat interview gan, semuanyya harus siap, termasuk kelebihan kelemahan, motivasi, prestasi, sukses, dsb.

Lanjut gan, bapaknya tanya lagi.

“apa motivasi kamu masuk ke perusahaan ini?”

“ada tiga hal yang diajarkan oleh ayah saya Pak. Pertama, setialah pada agamamu. Yang di dalamnya saya harus setia pada Tuhan dan orang tua. Kedua setialah pada negaramu. Ketiga, setialah pada istrimu. Yang kedua ini, saya jalankan dengan hanya melamar perusahaan negeri Pak atau BUMN. Nama saya juga bermakna kesetiaan Pak. Karena nama saya diambil dari tokoh dalam epic Mahabharatayudha adalah ksatria sakti yang memilih setia pada negerinya meski harus gugur di tangan saudaranya. Juga salah satu pemimpin bangsa kita yang setia mengabdi pada bangsa ini. Jadi dengan kemampuan saya yang masih jauh dari kontribusi yang besar, saya memilih menyalurkannya dengan melamar pada BUMN. Yang pasti ini bukan karena gaji yang besar Pak, mohon maaf sebelumnya, di swasta atau PMA gajinya lebih besar dan saya percaya saya mampu pula menembusnya, tetapi ada hal yang membuat saya yakin memilih BUMN, yaitu bekerja untuk Negara.”

“selain itu?itu belum spesifik menyebut PartoMinah,” ga manjur ni ma hook kiri ane pak dirut. Orang berpengalaman tau bener kalo yang diwawancara jawabnya kemana-mana. Ane kasih lob deh. Eh itu badminton ding, hehe, ane kasih smash deh. Aduh jangan ding, keinget pria-pria penjaga salon yang nyanyi, hahaha. Ane kasiiihh.. tekkel😀

“tentu ada hal lain yang ingin juga saya ungkapkan di sini Pak. Saat SMA, saya dan beberapa sahabat saya bercita-cita menciptakan energi terbarukan dalam bentuk benzena…,” ane cerita panjang lebar tentang proyek sohib ane waktu SMA. Walaupun akhirnya ane ga ikut dalam tim itu di lombanya LIPI tingkat nasional, seenggaknya ane membuat tu direktur keuangan tau kalo ada anak bangsa yang brilian kaya sohib ane itu.

“kamu keras kepala ya?” (hahhh?? Kenapa nanyanya begini)

“bener itu!?” Pak Deputi yang sebelah lagi sedikit membentak. Buset jawab apa ya, ni pasti kesimpulannya si user ma HR dulu.

“hampir benar Pak. Tapi tidak seluruhnya benar. Saya punya prinsip, saya punya pandangan dan etika. Dengan berbagai pertimbangan, saya selalu mendengar argumentasi orang lain, bila itu kuat secara logika dan moral tentu saya akan menerimanya dan mendukung sepenuhnya.

Saya diajarkan oleh Bapak saya tentang demokrasi. Dalam keluarga saya semua berhak berpendapat, mengeluarkan ide dan pandangannya akan suatu hal. Ini yang mendorong rasa saling menghormati dan menghargai.

Hal terbaik yang pernah saya pelajari selama 23 tahun hidup saya adalah bagaimana mendengarkan orang lain Pak. Mendengar jauh lebih sulit dari berbicara. Saat kecil saya selalu bermimpi ingin menjadi pembicara yang ulung, tapi semakin dewasa saya merasa mendengar adalah kunci keberhasilan seseorang. Dengan mendengar, kita mulai menghormati dan menghargai orang lain. Itulah hal terbaik dan tersulit yang pernah saya pelajari, bukan akuntansi, bukan pajak, bukan berbicara dan bukan hal-hal lain, melainkan mendengar, menghormati dan menghargai orang lain. Ketiga hal itu, adalah kunci menciptakan kondisi terbaik dalam sebuah kerjasama tim. “

Inti dari interview topman ini adalah menguji konsistensi kita, liat dari laporan user HR gan, ditanyain lagi ke kita. Ane ditanyain bagaiman mungkin ane bisa bikin skripsi dalam 3 bulan saja. Ane waktu itu emang cerita ke user bagaimana perjuangan ane dan kenapa harus begitu. Ane juga sempet kelabakan karena ane lupa jawaban ane dulu, apa kelemahan dan kelebihan ane. Boong dikit sebenernya gapapa gan, jujur juga boleh tapi ya jangan terlalu jujur, contoh bilang kaya gini

“kelemahan saya adalah saat saya akan berangkat pergi ke suatu tempat dengan motor, saya sudah naik ke motor saya, tapi saya baru sadar bahwa kunci saya masih di kamar.” Ya walaupun faktanya memang begitu ga usah diceritain deh gan, konyol, hehehehe.

O ya satu lagi, mengkonfirmasi apakah kita bener-bener sanggup ditempatkan dimanapun di pelosok nusantara.

Interview berakhir dan ane disuru tanya apa yang pengen ane tanyakan dalam bahasa inggris. Dan konyolnya, ane tanya “what is the best thing that you have ever give to this company?”. Deputinya uda nyaut-nyaut aja tu mau jawab, pak direktur juga kayanya mikir, tapi langsung pake senjata andalan.

“lho kenapa jadi kamu yang nginterview saya?”

Jangan diulangi gan, kurang ajar namanya, wkwkwk. Dan lalu mbak HR yang sedari tadi ngetik apa yang ane omongin njelasin kapan pengumumannya, setelah sempet dia ditawarin buat ngasi pertanyaan ke ane. Jadi pengumuman kira-kira seminggu gan, dan ditakut-takutin kalo pengumuman bisa pas hari-H mulai in class. Ga perlu takut ato protes, cuman nguji mental doank.

Ane lalu pulang dengan kereta bisnis pagi ke Semarang diiringi suara sumbang cewek sebelah ane yang nyanyi terus kenceng banget pake headset, mungkin dipikirnya lagi karaoke dan ga ada yang denger. Dan satu gerbong pun menikmati sumbangan suara sumbangnya.

6. Yudisium

H-3 dari yang dijanjikan pengumuman keluar. Ane dipanggil untuk pendidikan di  PartoMinah Learning Center (PLC) Simprug, Jalan Sinabung II Terusan Simprug Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12220. Agan bisa naik taxi dari Gambir, kira-kira abis 60 lah. Kalo agan pengen ngirit, naik metromini dari Blok M yang nomor 70, 15 menit sampe depan gerbang kalo dari Blok M. Dari Gambir ke blok M agan bisa via busway. Brati kira-kira abis 3500 (busway) + 2000 (metromini).

Ni ane kasi gambar peta busway gan, sayangnya rute ke simprug belum ditulis. Tapi kalo agan pengen ke PLC by Transjakarta agan bisa naik dari Harmony (shelter pusat transit busway) trus naik yang arah Lebak Bulus yang busnya gedhe. Agan turun aja di Shelter Simprug, ni shelter letaknya setelah shelter ITC Permata Hijau.

Di antara Shelter Permata Hijau ma Shelter Simprug itu agan bakal ngelewatin PLC di kanan jalan. Jadi agan kalo udah turun di Shelter Simprug agan bisa jalan ke arah berlawanan dari yang agan tuju (ato muter balik, kalo turun lwat tangga langsung lurus aja, tangga yg kanan jalan kalo kita ke arah lebak bulus). Kira-kira 500meter agan bakal ketemu PLC, agan nanti nglewatin pertigaan, trus dealer Mercy, sampe agan liat ada jembatan penyebrangan, pas disitulah PLC. Ni ane liatin penampakannya di gugel map.

Maap gan, gambarnya berantakan, ane lagi minim software, agan bisa cari sendiri di gugel map, tempatnya lumayan gedhe gan. O ya, ini yang harus dibawa gan:

Pakaian:

–      Pakaian sehari-hari secukupnya.

–      Membawa pakaian seragam (kemeja putih dan celana biru) 2 stel, dasi warna gelap, dan selama pendidikan akan diberikan pakaian seragam tambahan.

–      Pakaian dan sepatu olah raga secukupnya.

–      Sepatu warna hitam

–      Pakaian hangat (jaket/sweater).

KTP Asli atau Identitas Diri lainnya.

Obat-obatan khusus/pribadi.

Pas photo terbaru (berwarna) ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 masing-masing sebanyak 5 lembar.

Flash disk berisi scan berkas-berkas:

–      Ijasah dan transkrip nilai S1,

–      KTP,

–      KK,

–      NPWP,

–      Rekening Bank (Bank Mandiri bila ada atau bank lain),

–      Surat Nikah (bagi yang sudah menikah).

Setelah ane ngurus pengunduran diri ane dari kuliah, ane bersiap menuju kawah candradimuka yang baru ini. Bukan hanya ane yang mengundurkan diri, kakak kelas ane yang jadi panutan mbikin skripsi kualitatif karena satu dosbing juga memutuskan buat mengundurkan diri setelah bekerja 2 tahun di Pepes Bank Rupawan Indonesia, denger-denger bayar 60 buat denda. Tapi denger-denger dari temen ane yang baru masuk, sekarang kebijakannya diganti, denda 200 kapanpun keluarnya selama masa ikatan dinas. Dan dengan bangga ane bisa cerita kalo universitas dipertanyakan alias undip ini bisa bersaing dengan universitas besar lainnya. Ane bilang universitas dipertanyakan soalnya tiap ane ke Jakarta ketemu anak binus ditanya undip itu dimana ya? :HAMMER

Ane coba list di keuangan ini jumlah mahasiswa akuntansi dari masing-masing universitas (tentunya exclude manajemen karena BPS Keu itu nerima akt, manajemen dan mungkin ke depannya juga dari IESP).

  • UNDIP       : 3
  • UGM          : 3
  • UI             : 2
  • UNPAD      : 2

yang lainnya ada satu di masing-masing universitas seperti UNAIR, UNS, UNIBRA, UNAND, UIN, USU, UPI, WIDYATAMA, PRESIDENT, ESA UNGGUL. Juga ada dari jurusan manajemen yang masih didominasi anak UGM, yang lain UI, SBM ITB, UNDIP, UNPAD, UNIBRA.

Kuantitas memang tidak memberikan gambaran tentang kondisi riilnya. Secara kualitatif tentu harus dibuktikan lebih lanjut.  Tapi setidaknya, ini bisa menambah motivasi dan kepercayaan diri para putra daerah😀

Tanpa bermaksud  menggurui, ane mau berpesan dua hal gan. Buat yang udah kerja jangan sampe sombong, tetep low profile, jaga sikap dan jangan remehkan orang lain entah itu yang kerja di perusahaan lain, atau kuliah, atau bahkan yang belum bekerja. Jangan sekali-sekali kita menilai seseorang dari apa yang saat ini dikerjakannya karena kita tak pernah tau masa depan, mungkin saja mereka akan lebih baik dari kita atau kita yang justru lebih buruk dari mereka. Dukung, support, mereka yang belum mendapatkan, jika tidak bisa secara materi, secara psikologis bisa kita lakukan.

Untuk yang bertanya mengapa harus selalu mengalami kegagalan, janganlah menyerah, jangan berputus asa. Masa depan bukan untuk dipertanyakan, juga bukan untuk diketahui saat ini, melainkan untuk dijalani, karena kita hidup bukan untuk mengetahui indah dan terjal kehidupan, tapi menjalani dan mengubahnya menjadi lebih baik. Waktulah yang akan membuat kita mengerti.

Maka biarkanlah waktu yang bicara.

Dengan bahasa yang ia bisa.

Sampai kita mengerti apa yang diucapkannya

Ketika saat itu tiba

Ketika kita melaluinya

Suatu hari kita akan bersyukur atas segala hal berat yang pernah kita lalui, jadi nikmati hidup ini seterjal apapun itu. Ane mungkin mendapatkan sesuatu, tapi ane juga kehilangan sesuatu gan. Itu pasti terjadi. Tuhan memang tidak akan mengambil sesuatu dari kita tanpa memberikan sesuatu yang kita butuhkan. Hari ini, saat hati ane hancur lebur, ane menuju tempat yang dulu jadi impian kami bersama. Dulu kami berjuang bersama menuju tempat ini. Kini, saat ane diberi kesempatan oleh-Nya, ane sudah tidak memilikinya lagi. Mungkin Tuhan Yang Maha Mengetahui punya rencana untuk kami. Rencana yang terbaik.

Selamat datang Energi Terbarukan  PT PartoMinah (Persero) !

Terima kasih ya Allah, tanpaMu hamba tak akan mampu, niat hamba ingin membahagiakan dan membanggakan Bapak dan Ibu, juga meringankan beban mereka, maka ridhoilah langkah ini, amin.

Special THANKS :

Ibu, yang selalu merestui dan mendoakan di setiap langkah, maafkan sering meninggalkanmu saat repot mengurus Bapak

Kakakku yang terbaik, yang mendukung materi maupun immateri di tengah segala kesulitan yang melanda, semoga langkahku meringankan bebanmu

M Misbahul Munir, kakak angkatan yang sangat baik hati dan membantu segala kesulitan dari awal perkenalan, hingga saat skripsi, dan hingga kini saat dalam perjuangan mencari tempat berlabuh, matursuwun banget mas, sukses terus di BRI mas..

Rosya Satria Firdhaust, sahabat lama yang dipertemukan lagi di Bandung, terima kasih telah sangat repot menjadi tuan rumah yang luar biasa, terima kasih untuk semuanya.


Responses

  1. Nice post. Keren ceritanya, inspiratif menurut saya, yang kebetulan msh jobseeker juga🙂

  2. Ane buka blog ini krn lg cari info tentang interview top management. Besok ane ngadepin top man gan. Nice post gan. Makasih buat tips-tips nya yah

    • trimakasi buat aganwati maria, jgn lupa kabar2 lg di mari ya..share aja biar bs saling melengkapi

      • Udh 1 mgg sejak interview Top Man tp blum ada kabar baik.
        Oia ane experi bukan BPS, BPA or semacamnya. Kira-kira brp lama hasil intrview nya keluar gan? Klo ga lolos dikabari ga yah?

      • waaaw.. experience ya?
        maaf baru online lagi, gmn hasilnya agan maria?
        jujur kl untuk experience ane krg tau, tp kl soal ga lolos biasanya kita ga dikasih tau..

  3. mas… boleh nanya2 ga??? klo boleh minta contactnya donk

    emailku : airilia.nf@gmail.com / YM : aku_ajah1991🙂

    • ane uda g pake ym ni gan,hehe, ane krm contact ane via email aganwati aja

  4. makasih banget bang infonya😀 , kira2 seminggu lagi saya mau interview User & HR..semoga aja bisa mengikuti jejak abang jadi energi baru pertamina😀

    • AMIN… Gan..
      terus berdoa aja gan,
      btw jurusan apa gan? kbr2 lg hasilnya ya gan..

  5. Waah saya baca ampe mendalami gitu gan, terharu lah dan top buat agan. Oia klo misal ditanya penempatan gamau di seluruh indo pasti ga diterima yah gan?

    • agan berminat kesini?
      setau ane si enggak ngaruh gan… tapi itu kan konsekuensi masuk di sini..jadi mungkin harus ada suatu kelebihan kita yang bisa cukup menguatkan untuk tidak ditempatkan di seluruh indonesia. O y ga semua jurusan akan ditempatkan seluruh indonesia kok gan..🙂
      dan sebenernya mengenal seluruh indonesia itu indah gan, menambah pengetahuan dan cara berpikir (itu kalo jomblo, kalo udah berkeluarga ya pusing jg hehehe)

  6. gan, mantab bgt critanya, minta kontaknya dong bwt nanya2, kirim ke email saya y jib.asrory@gmail.com, tgl 26 InsyaAllah interview direksi bwt bps pimr

    • wah maap2 gan…
      ane baru bisa online nih,.
      gmn2 hasilnya? share di mari dong,
      kl msi bth kontak ane komeng aja yak

      • Slm kenal gan.. bisa mnta contactnya gan?
        oya itu interview yg sm hrd & top man pake inggris semua dr awal smp akhir wawancara atw pas perkenalan diri aja ya ga?

  7. Slm kenal gan.. bisa mnta contactnya gan?
    oya itu interview yg sm hrd & top man pake inggris semua dr awal smp akhir wawancara atw pas perkenalan diri aja ya ga?
    trus 1 angkatan BPS ini brp orang ya quotanya?
    ane jg lg coba nie,baru lolos smp tahap 2, msh ada tes b.inggris,interview hrd,tes kesehatan, & interview top man..

  8. Slm kenal gan.. bisa mnta contactnya gan?
    oya itu interview yg sm hrd & top man pake inggris semua dr awal smp akhir wawancara atw pas perkenalan diri aja ya ga?
    trus 1 angkatan BPS ini brp orang ya quotanya?
    ane jg lg coba nie,baru lolos smp tahap 2, msh ada tes b.inggris,interview hrd,tes kesehatan, & interview top man.. doakan bs menyusul ya gan..

    • sori bru closing gan, jd ga smpet buka blog
      o enggak kok, pd umumnya cm buat permulaan aja bhs inggrisnya..
      kl 1 angkatan brp itu tergantung kebutuhan, jaman dulu dikit.. baru sekarang ini lumayan..
      smga bisa menyusul gan, tp harus siap ditempatkan dimana aja..

      • brpa lama bang pengumuman mcu ke topman?.thanks

      • bervariasi gan, ga ada yang pasti, sekitaran 2 minggu si kayanya gan, cuma harus klop sm jadwal direkturnya yang bikin lama

  9. gan ente cuma ganti email doang lgsg bs dftr lg? kalo no ktp agan gak ganti?

  10. Wah.. kok aku gak bisa ya bang? Ganyi email udah tp tetep gak bisa soalnya no ktp nya sama.

    • Waah..harusnya si enggak gan,soalnya ane dl ktp jg sama,emg ad notifikasinya ktp g boleh sm ya?temen ane jg coba lagi bisa tuh

  11. Wahh…mantep y gan,,top dah.. Salam kenal y gan.. Pengen nanya2 byk la gan,,spertinya dah byk pengalaman x Чα”̮ gan.. Bisa mnta contact nya gk gan?? Email ku. lyz_mutzz26@yahoo.co.id 🙂 😀

  12. waahhh…nice post. Mantap gan,,top dah.. Salam kenal ya gan.. Boleh minta contact nya gak gan?? mw nanya2 gan,,sepertinya agan banyak skali pengalamannya..saya baru pemula ne gan.. email sya : lyz_mutzz26@yahoo.co.id 🙂 😀

  13. gan, mau tanya nih, dulu mata minus agan berapa ya waktu daftar pertamina?
    minus ane tinggi nih, minus 4, takut gak lolos di medcheck gara2 minus tinggi. Ada batasan mata minus gak gan kira2? terutama kalo dilihat juga dr temen2 agan yang udah masuk pertamina.

    • Sori gan baru sempet buka blog lagi
      masih bisa kok gan ada yang minus segitu setau ane
      dan harus diperhatiin juga organ2 daleman harus ga ada masalah gan

  14. kalau masalah di gigi gimana ya gan? agar lolos medcek pertamina? gigi saya kurang bagus nih. mksh.

  15. Bagaimana untuk selanjutnya gan? setelah diterima menjadi cpns pertamina?

  16. Oya 1 lagi gan, saya sudah daftar lewat online di pt pertamina. namun sudah 1 bulan lebih belum ada pengumuman lebih lanjut. namun saya cek di online saya sudah terdaftar BPS Jobfair-UGM. Mohon pencerahannya. Terima Kasih

    • Salam kenal agan Edo,
      Kalo ditanya rasa, disyukuri aja apapun dan dimanapun itu🙂
      Untuk PTMN bukan cpns gan, udah bukan pegawai negeri lagi, masuknya ke pekerja BUMN.
      Sabar nunggu aja gan, ane ga brani jawab soalnya belum pernah tau yang kaya gitu, tapi yang kedaftar itu udah pernah dipanggil tes di UGM belum gan?

      • Salam juga gan,
        Belum pernah dipanggil Gan, cuma ane coba daftar lagi tulisannya sudah terdaftar gan. mhn info

        oya yg mslh gigi bagaimana gan? mhn infonya

        terima kasih bgt. salam super

  17. Seru nih bacanya,, keren gagal di tempat lain,,malah keterima di perusahaan bumn no 1 di negeri ini,,keren n salut,,smoga nasib sy jg sperti mas,,he,,

  18. Gan sy juga daftar di dirkeu 2016. Sudah medcheck 13 sept 16 tp blm ada pengumuman ya gan? Oiya gan klo dulu pas tes lari waktu tempuhnya 11.37 menit (cewek) dan sy ada berhentinya (jalan) sekitar 7 detik pas putaran ke 4 s.d 8 gmn ya gan. Apakah yg berhenti buat jalan bisa menyebabkan kitidak lolosan? Trimakasih

    • Ditunggu aja kalo soal pengumuman, kadang mendadak emang, cb tanya2 ama yg barengan tes, udah pada ada kabar belum.
      Untuk lari sih ga ngaruh ya soal berhenti, ane jg berhenti nih, kalo aganwati Sinta ni larinya jarak brp? Kalo 1,6 km itungannya waktunya bagus itu

      • Dulu jaraknya 1,6km. Sama kaya agan. Kbtulan yg medchek dirkeu area sby cuman sy aja gan jd gak bisa kontak sm yg lain. Ada temen 1 orang pas mcu dr pemasaran tp jarak 2 minggu ud dpt email klo tidak lolos. Oiya gan klo berat badan sy dr ideal kurang 1 kg boleh gk ya. Soalnya sy emang agak kirusan waktu mcu. Hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: